Manfaat Air Hujan Bagi Lingkungan

Kelautan
Manfaat Air Hujan Bagi Lingkungan
30 Maret 2020
2300

Manfaat Air Hujan Bagi Lingkungan

Air merupakan salah satu nikmat yang utama yang diberikan Allah kepada makhluknya yang dengan sebab air dia menciptakan, memelihara, menumbuhkan dan mengembangkan seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini, Firman-Nya dalam QS. An-Nur [24]: 45. “Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. An-Nur [24]: 45). Air yang Allah turunkan dalam bentuk air hujan yang berasal dari awan menjadi anugerah yang sangat luar biasa bagi kehidupan umat manusia dan lingkungan. Tanpa air tidak mungkin manusia dapat mempertahankan hidup dan kehidupannya, air hujan yang jatuh ke bumi sebagiannya masuk ke dalam tanah dan menetap di dalamnya tetapi tidak semua air hujan diserap, ada juga yang masuk ke danau, diserap tumbuhan dan bagian yang menguap ke atas karena terkena panas sinar matahari yang kemudian setelah menggumpal menjadi awan lalu diturunkan lagi. Keberadaan pepohonan dan rerumputan sangat penting untuk mendukung ketersediaan air di bumi, dengan fungsinya menahan penguapan air. Karena itu kewajiban kita semuanya untuk menjaga, memelihara, dan menyelamatkan air, dengan cara yang sudah digariskan dalam al-Qur’an dan Hadits maupun dalam regulasi yang ada.

 

Bumi dan segala isinya merupakan berkah dari Allah sangatlah membutuhkan air sebagai elemen yang banyak terdapat di Bumi Air yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Manusia apabila kita ingin menghitung mengenai manfaat air ini maka kita tidak akan cukup apabila menghitung dengan menggunakan jari-jari kita, hal ini karena manfaat air yang begitu banyak baik yang kita sadari maupun yang tidak kita sadari. Air hujan ini adalah air alami yang pastinya akan memberikan fungsi atau nilai tambah bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi dan bahkan untuk Bumi sendiri. Beberapa manfaat air hujan antara lain adalah sebagai berikut:

1.      Fungsi air hujan yang pertama adalah sebagai sumber mengairi area lahan baik yang berupa sawah maupun ladang. Hal ini tentu merupakan hal yang sangat berguna terutama bagi penduduk Inonesia yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Dengan adanya air hujan yang mengairi ladang dan sawah para petani maka petani akan mendapatkan keuntungan berupa penghematan biaya produksi. Karena bagaimanapun tanaman- tanaman yang ditanam oleh para petani sangat membutuhkan air untuk dapat tetap hidup dan berkembang besar. Maka dari itulah selain petani bisa berhemat, maka tanaman para petani pun bisa tumbuh subur dan juga gemuk sehingga petani akan mendapatkan panen yang bagus.

2.      Mendukung keberhasilan dalam bercocok tanamManfaat hujan yang lainnya adalah mendukung keberhasilan bercocok tanam. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pertumbuhan dan kesuburan  tanaman sangat bergantung kepada air. Dan hujan pun menurunkan air yang akan membuat tanaman- tanaman tersebut menjadi subur. Oleh karena itulah hujan juga akan menyuburkan tanaman- tanaman termasuk juga tanaman yang ditanam oleh para petani. Sebagian besar masyarakat di Indonesia mempunyai  profesi sebagai petani, dengan demikian hujan akan sangat menguntungkan petani. Petani tidak perlu repot- repot  membeli air untuk menyirami tanaman karena sudah ada hujan yang turun.  

3.      Menghemat air tanah manfaat hujan yang selanjutnya adalah bisa menghemat kita dalam penggunaan air tanah. Kita semua tahu banyak sekali fungsi yang diperoleh dari air hujan. Oleh karena air hujan ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, maka kita akan dapat menghemat penggunaan air tanahKita bisa menggunakan air hujan untuk menyirami tanaman dan tidak menggunakan air tanah. Kemudian kita bisa mengolah air minum dari air hujan dan menghemat penggunaan air tanah. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan air hujan untuk hal- hal lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh air tanah.

Itulah beberapa fungsi atau manfaat air hujan. kita bahkan tidak pernah menyangka bahwasannya  air hujan yang biasa turun ini mengandung manfaat yang sangat banyak. Manusia bahkan masih ada manfaat- manfaat lain yang akan ditmbulkan dari air hujan yang bisa kita sadari maupun tidak.

#bwkehati #hariairsedunia #bwchallenge

Tentang Penulis
Muhammad Hafizh Ammar
SV IPB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-03-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *