Lebah Pekerja: Hidup Demi Koloni

Lebah Pekerja: Hidup Demi Koloni
5 November 2019
890

Kasta terendah dalam struktur sosial lebah adalah lebah pekerja. Meski begitu perannya sangat penting dalam menjaga sarang dan koloni. Sebab merekalah yang mengelola sarang dan mengatur kebutuhan koloni, termasuk mencari makan.

Sekitar 98% anggota koloni lebah adalah pekerja. Atau berjumlah sekitar 20.000-80.000 dalam satu koloni. Tugasnya berbeda tergantung dari umur si lebah. Saat baru lahir hingga hari ketiga pekerja masih belum memiliki tugas, mereka hanya makan royal jelly untuk tumbuh.

Mulai hari ke-4 hingga ke-12 pekerja bertugas mengasuh lebah muda, telur dan larva. Perharinya pekerja bisa mengecek larva sampai 1300 kali. Ada pula pekerja yang bertugas melayani ratu, mereka berumur 7-12 hari. Tugasnya memberi makan, membersihkan, dan menyebarkan feromon ratu ke seluruh sarang. Sebagai tanda bahwa masih ada ratu yang sehat di sarang.

Baca juga: Bagaimana Lebah Membuat Madu?

Masuk hari ke-12 hingga 35 tugas pekerja adalah mengolah madu. Ada yang membuat ruang penyimpanan, menguncinya, juga mengipasi madu agar kadar air turun. Mulai minggu ketiga atau hari ke-22 sebagian pekerja bertugas keluar sarang untuk mengumpulkan makanan. Mereka terbang hingga jarak 8 km untuk mencari nektar, polen, dan propolis. Mereka akan terus mencari makan hingga akhir hidupnya. Yaitu sekitar umur tujuh minggu.

 

Referensi: honeybeeperfectbee

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *