Laba-laba matakecil

Artikel
Laba-laba matakecil
Lain-lain
1451
1 September 2014
Penulis
Sidiq Harjanto
1
posting

Klasifikasi:

Kerajaan: Animalia – Filum: Arthropoda – Kelas: Arachnida – Bangsa: Araneae – Suku: Ctenidae – Marga: Amauropelma – Jenis: Amauropelma matakecil

Sebaran:

Amauropelma matakecil Miller & Rahmadi 2012 adalah jenis laba-laba gua yang hanya hidup di kawasan karst di Pegunungan Menoreh. Karst ini berada di wilayah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta; dan Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah. Jenis laba-laba ini ditemukan di 4 gua saja, dan terbatas pada lorong-lorong gua yang dalam dan karakternya cenderung tertutup.

Ciri fisik:

Ukuran tubuh laba-laba ini sekitar 1 cm, berwarna cokelat pucat pada individu dewasa dan warna lebih cerah pada individu pradewasa. Kedelapan matanya mengalami reduksi ekstrim, hingga hanya menyisakan bintik-bintik kecil.

Kebiasaan hidup:

Laba-laba ini biasanya berdiam di lantai gua yang lembab, di balik bebatuan atau lubang-lubang pada dinding gua. Kadang dijumpai pula pada atap gua yang pendek.

Catatan:

Semua spesimen yang pernah dikoleksi berjenis kelamin betina, sehingga memunculkan dugaan jenis ini berkembang biak secara parthenogenetik.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *