Laba-laba matakecil

Laba-laba matakecil
1 September 2014
2019

Klasifikasi:

Kerajaan: Animalia - Filum: Arthropoda - Kelas: Arachnida - Bangsa: Araneae - Suku: Ctenidae - Marga: Amauropelma - Jenis: Amauropelma matakecil

Sebaran:

Amauropelma matakecil Miller & Rahmadi 2012 adalah jenis laba-laba gua yang hanya hidup di kawasan karst di Pegunungan Menoreh. Karst ini berada di wilayah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta; dan Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah. Jenis laba-laba ini ditemukan di 4 gua saja, dan terbatas pada lorong-lorong gua yang dalam dan karakternya cenderung tertutup.

Ciri fisik:

Ukuran tubuh laba-laba ini sekitar 1 cm, berwarna cokelat pucat pada individu dewasa dan warna lebih cerah pada individu pradewasa. Kedelapan matanya mengalami reduksi ekstrim, hingga hanya menyisakan bintik-bintik kecil.

Kebiasaan hidup:

Laba-laba ini biasanya berdiam di lantai gua yang lembab, di balik bebatuan atau lubang-lubang pada dinding gua. Kadang dijumpai pula pada atap gua yang pendek.

Catatan:

Semua spesimen yang pernah dikoleksi berjenis kelamin betina, sehingga memunculkan dugaan jenis ini berkembang biak secara parthenogenetik.

Tentang Penulis
Sidiq Harjanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2014-09-01
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *