Kura-Kura Berleher Ular ini Hampir Tinggal Cerita

Kura-Kura Berleher Ular ini Hampir Tinggal Cerita
24 Agustus 2017
1741

Kura-kura dengan leher panjang dan kepala menyerupai ular ini memiliki nama Chelodina mccordi. Dia merupakan spesies endemik Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Mereka bisa ditemukan di sekitar rawa, sawah, dan danau-danau kecil. Ukuran tubuhnya kecil dengan panjang Chelodina mccordi dewasa hanya sekitar 18-24 cm. Keunikan C. mccordi dengan leher panjangnya juga menjadi kelemahan, karena kepala mereka tidak bisa dimasukkan dalam tempurung dan hanya bisa dilipat ke bawah plastron.

Sayangnya keunikan Chelodina mccordi juga menarik kolektor reptil seluruh dunia, sehingga mereka banyak diburu dan diperjual belikan. Akibatnya populasi C. mccordi turun drastis dan masuk ke daftar hewan terancam punah CITES pada tahun 2000. Inventarisasi penjualan kura-kura dilindungi pada tahun 2016 juga masih menemukan C. mccordi yang diperjualbelikan secara bebas di daerah Bogor dan Jakarta. Padahal sudah ditetapkan peraturan pemerintah atas perlindungan C. mccordi yang disahkan tahun 2008.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa banyak populasi C. mccordi yang tersisa di habitat alaminya. Namun luas habitat C. mccordi pada tahun 2015 hanya tersisa 70 km2, padahal tahun 1970-an C. mccordi masih mudah ditemukan di seluruh pulau yang berukuran seluas 1280,10 km2. Semoga upaya penangkaran bisa semakin digiatkan agar salah satu satwa kebanggaan Indonesia ini tidak hanya menjadi cerita.

 

Sumber :
http://www.mongabay.co.id/2015/02/02/kura-kura-leher-ular-jenis-unik-yang-hanya-ada-di-lahan-basah-pulau-rote/
https://en.wikipedia.org/wiki/Roti_Island_snake-necked_turtle
http://www.iucnredlist.org/details/4606/0
http://www.profauna.net
Hardiyanti, Wahyu Prihatini, dan Rouland Ibnu Darda. "Inventarisasi Spesies Kura-Kura dalam Red List IUCN dan CITES yang diperdagangkan di Jakarta dan Bogor” [http://perpustakaan.fmipa.unpak.ac.id/file/e-jurnal%20hardiyanti%20061112013.pdf]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *