Kucing Hutan (Felix Bengalensis)

Artikel
Kucing Hutan (Felix Bengalensis)
Lain-lain
2451
15 Juni 2014
.
Penulis
Sinta Ramadhania
9
posting

Kalau teman-teman disini tau, ternyata kucing itu tidak hanya yang sering lewat di depan rumah kita lho !!

Ada salah satu kucing yang biasa hidupnya di Hutan, oleh karena itu dinamakan kucing hutan (Felix bengalensis).

Kucing hutan (Felix bengalensis) merupakan jenis kucing yang ukuran tubuhnya lebih besar daripada kucing rumahan biasa. Tetapi kucing ini masih satu keluarga dengan kucing rumahan, kucing bakau maupun macan tutul jawa sekalipun. WOOWW Awesome !!

Kucing hutan ini memiliki bulu yang halus dan pendek. Warna tubuhnya khas, yaitu kuning kecoklatan dengan belang-belang hitam di bagian kepala sampai tengkuk serta memiliki totol-totol hitam. 

Tempat hidup kucing hutan ini adalah kawasan hutan dengan banyak tumbuhan, bisa juga hidup di dekat perkampungan. Kucing hutan ini menggunakan sarang yang dibuatnya di gua kecil atau di liang-liang batu. Pada siang hari kucing ini tidur di sarang, dan pada malam hari biasanya keluar untuk mencari mencari mangsa. Mangsanya dapat berupa binatang-binatang kecil, seperti burung, kelelawar, tikus, ular, kadal dan juga kancil. 

Ketangkasannya dalam memanjat pohon dan kemahirannya berenang sangat membantu di dalam perburuannya mencari mangsa. Kucing hutan ini sering melompat dari atas pohon untuk menerkam mangsa di atas tanah. Penyebaran kucing hutan ini sangat luas, mulai dari Lembah Amur di Rusia sampai ke Cina, India dan Asia Tenggara, sedangkan di Indonesia, kucing ini dapat ditemukan di Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan.

Sayangnya populasi kucing hutan ini sudah mengkhawatirkan sejak tahun 2008 sehingga sudah termasuk ke dalam redlist International Union for Conservation of Nature IUCN dengan status Endangered.

Semoga teman-teman yang terutama penyayang kucing dapat menjaga kelestarian dari kucing hutan ini dengan tidak memeliharanya di rumah, karena memang kucing hutan ini seharusnya tinggal di habitat aslinya. . . . . . .

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *