Korelasi Ruang Terbuka Hijau

Artikel
Korelasi Ruang Terbuka Hijau
Lain-lain
1347
16 Juni 2014
Penulis
nando makur
38
posting

 

Penghijauan perkotaan yaitu menanam tumbuh-tumbuhan sebanyak-banyaknya di halaman rumah atau dilingkungan sekitar rumah maupun dipinggir jalan, apakah itu berbentuk pohon, semak, perdu, rumput atau penutup tanah lainnya, di setiap jengkal tanah yang kosong yang ada dalam kota dan sekitarnya, sering disebut sebagai ruang terbuka hijau (RTH). RTH sangat penting, mengingat tumbuh-tumbuhan mempunyai peranan sangat penting dalam alam, yaitu dapat dikategorikan menjadi fungsi lansekap (sosial dan fisik), fungsi lingkungan (ekologi) dan fungsi estetika.(Prof  DR Ir Zoer’ani Djamal Irwan, MS).

Kebanyakan orang berpikir RTH hanya untuk mencegah pemanasan global dan sebagai media penyerapan air untuk mencegah banjir. Namun pada kenyataannya RTH yang ditumbuhi tumbuh-tumbuhan yang dibuat manusia yang menyerupai hutan alam memberi asumsi memungkinkan terbentuknya ekosistem yang baik untuk di perkotaan. Tumbuhan bisa digunakan sebagai tempat beraktivitas dari hewan-hewan dan tak jarang menjadikan RTH sebagai rumah. Tumbuhan seperti pohon beringin yang ada di RTH berperan sebagai produsen dalam ekosistem tersebut sehingga dapat menciptakan ruang hidup bagi hewan tak terkecuali untuk hewan kelas Aves.Di hutan kota kita bisa menemukan flora dan fauna yang indah, untuk jenis burung saja, hasil pengamatan teman-teman Jakarta Bird Walk di hutan kota Menteng bisa ditemukan 18 jenis burung seperti burung Pycnonotus goiavier, Pygnonotus aurigaster, dan Streptopelia  chinensis. Burung-burung di RTH juga bisa digunakan sebagai bioindikator terhadap suatu kawasan.

(salah satu burung RTH  Pycnonotus goiavier @taman menteng) foto by Nan_parinters

Selain sebagai bioindikator, burung di RTH digunakan sebagai sarana hiburan alam. Hiburan alam yang dimaksud adalah menikmati suara burung yang merdu yang bermain di dahan tumbuhan yang ada di RTH, selain itu warna dan keindahan bentuk tubuh burung juga menjadi hiburan yang tak kalah menyenangkan. So,, jaga ruang terbuka hijau kita, untuk kita dan alam kita…. Salam BW/ Kehati/nan_parinters

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *