Kerapu Lumpur

Kerapu Lumpur
30 April 2015
2463

Famili : Serranidae
Spesies : Ephinephelus coioides
Nama Dagang : Estuary grouper, fah paan, chi hou
Nama Lokal : Kerapu Lumpur

1. Ciri Fisik

Ephinephelus coioides memiliki bintik bintik kasar berwarna kecoklatan atau kemerahan di sekujur tubuhnya. Bentuk kepala dan punggung yang berwarna gelap kehitaman , serta bentuk tubuh yang memanjang, sedangkan bagian perut berwarna Keputihan dan ciri khas lainnya tidak seperti kerapu pada umumnya , kerapu jenis ini tidak memiliki Sirip yang berbentuk seperti duri.

2. Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebagaimana halnya dengan kerapu jenis lainnya, kerapu lumpur ini bersifat Protogony hermaphrodite yang artinya jenis kelamin iknan jenis ini dapat berubah seiring berjalanya waktu pertumbuhannya. Pada waktu berumur 3 tahun kurang, ikan ini berjenis kelamin betina. Namun, Setelah mencapai usia 4 tahun akan berganti jenis kelamin menjadi jantan. Pertumbuhan jenis ini tergolong cepat namun dalam pertumbuhnnnya juga sangat tergantung pada Kondisi lingkungannya, di Alam bebas panjang maksimum yang tercatat adalah 95 cm dan lebar maksimum yang tercatat adalah 5 kg.

3. Penyakit Alami

Penyakit alami yang sering meyerang ikan jenis ini berasal dari aspek Virus, Bakteri dan Parasit. Penyakit yang disebabkan Oleh Virus adalah iridovirus, yaitu penyakit yang menyerang organ Limpa bagi ikan, gejala yang ditimbulkan adalah terjadinya pembengkakan Limpa yang menyebabkan Kematian. Selain itu dari Aspek Bakteri , Bakteri yang menyerang Ikan Kerapu Lumpur adalah bakteri Streptococus iniae . iakn yang terinfeksi bakteri ini di cirikan dengan beberapa tanda tanda diantaranya adalah Warna berubh menjadi Gelap , Hilang Keseimbangan, dan timbul bintik merah pada Kulit. Dari Aspek Parasit adalah terdapatnya Cacing Neobedenia di dalam tubuh Ikan Kerapu Lumpur.

About Author
eko yudha prawira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related
Article
No items found
2015-04-30
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *