Keanekaragaman Hayati Tanah Yang Terabaikan

Keanekaragaman Hayati Tanah Yang Terabaikan
28 November 2014
2495

Ingat film animasi Wall E dari Disney PIXAR? ada scene menyelamatkan sebuah (bibit) pohon agar manusia bisa kembali hidup di bumi. Mungkin sebagian dari kita pada saat melihat adegan itu terfokus pada pohonnya saja, padahal ada tanah tempat pohon tersebut tumbuh.

Tanah terkadang terabaikan ketika kita bicara tentang keankeragaman hayati, padahal organisme yang hidup di atas tanah baik itu tumbuhan maupun hewan bergantung dengan tanah. Dua orang Profesar dari The University of Manchester dan Netherlands Institute of Ecology baru-baru ini menerbitkan paper yang menyoroti tanah dengan sudut pandang baru.

 

Mereka tidak hanya menyoroti keanekaragaman hayati yang ada di bawah tanah. Tetapi juga respon cepat dari organisme tanah terhadap perubahan iklim serta melihat jauh dampaknya pada ekosistem di masa depan.

Keankaragaman hayati tanah penting untuk ditelaah, baik oleh masyarakat, ilmuwan, dan pembuat kebijakan. Karena keanekaragaman hayati tanah penting untuk penyedia kebutuhan hidup dan ekosistem penunjang manusia.

Referensi:

[phys]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *