KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND Peringati Hari Bumi dengan Menanam Pohon Andalas

Artikel
KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND Peringati Hari Bumi dengan Menanam Pohon Andalas
103
22 April 2021
Biologi
Penulis
Eka Yuliastuti
4
posting

Salam lestari!!!

 

Kelompok Cinta Alam dan Lingkungan Hidup  Rafflesia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas atau disingkat KCA-LH  Rafflesia FMIPA UNAND merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang kepencinta alaman dan konservasi lingkungan hidup. Kelompok ini merupakan suatu organisasi yang terbentuk sebagai usaha membudayakan konsep pelestarian alam dan lingkungan hidup di tengah-tengah mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya. Selain itu, KCA-LH  Rafflesia FMIPA UNAND juga mendidik dan membina anggotanya untuk memiliki jiwa pecinta alam yang benar-benar menunjukkan eksistensi kepecintaalamannya, peduli serta tanggap dalam permasalahan lingkungan hidup dan bertanggung jawab terhadap agama, bangsa dan Negara.

 

Keterangan: Penanaman pohon Andalas oleh Dekan FMIPA UNAND
Sumber: Dokumentasi KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND

 

Dalam rangka memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April 2021, KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND mengadakan acara Penanaman Pohon Andalas di beberapa tempat di Universitas Andalas. Acara berlangsung dengan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara langsung dibuka oleh Dekan FMIPA UNAND, Bapak Prof. Dr, Syukri Arief, M.Eng. Penanaman pohon Andalas juga dilakukan di tempat yang sama pada Hari Bumi, 22 April 1999. Namun, karena adanya angi kencang membuat pohon Andalas yang sudah berusia 22 tahun tumbang. Tentu hal ini mendatangkan kesedihan karena menyimpan banyak kenangan. Untuk tetap melestarikannya, maka di momen yang sama diadakan acara penanaman pohon ini.

 

Pohon yang ditanam sebanyak 7 bibit dimana ditanam di beberapa titik yaitu 3 bibit di FMIPA UNAND, 3 bibit di Bumi Perkemahan UNAND dan 1 bibit ditanam di Sekretariat KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND yang berada di Kebun Tanaman Obat (KTO) Universitas Andalas. Bibit di dapatkan dari salah satu dosen di Fakultas Pertanian, Bapak Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, MS yang aktif meneliti mengenai tanaman ini. Beliau juga menyampaikan harapannya, agar dengan adanya acara ini masyarakat lebih mengenal tanaman Andalas dan berusaha bersama-sama dalam pelestariannya.

 

Keterangan: Penanaman pohon Andalas oleh Wakil Dekan II FMIPA UNAND (Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc) dan Prof. Dr. Ir. Aswaldi, MS
Sumber: Dokumentasi KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND

 

Eka Yuliastuti (Raff 398 Tst) sebagai Ketua KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND berharap dengan adanya penanaman pohon Andalas ini selain dapat melestarikannya, diharapkan dapat membangkitkan kembali ingatan bahwa pohon Andalas adalah maskot dari Sumatera Barat, Si Nagari Andaleh. Serta karena bertepatan dengan Hari Bumi, KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND berharap kegiatan ini dapat memotivasi kegiatan-kegiatan lingkungan hidup lainnya untuk melestarikan dan menghijaukan bumi.

 

Salam Lestari!!!

10
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penulis
Eka Yuliastuti
Biologi
4
posting
Topik Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *