Kayu Buta-Buta/Kayu Betah/Menengan

Kayu Buta-Buta/Kayu Betah/Menengan
12 Juni 2015
3053

Sumber gambar: http://amap-collaboratif.cirad.fr/pages_logiciels/Mangrove_web/especes/e/excag/excag_01.jpg

Pohon merangas kecil dengan ketinggian mencapai 15 m. Kulit kayu berwarna abu-abu, halus, tetapi memiliki bintil. Akar menjalar di sepanjang permukaan tanah, seringkali berbentuk kusut dan ditutupi oleh lentisel. Batang, dahan dan daun memiliki getah (warna putih dan lengket) yang dapat mengganggu kulit dan mata.

Daunnya berwarna Hijau tua dan akan berubah menjadi merah bata sebelum rontok, pinggiran bergerigi halus, ada 2 kelenjar pada pangkal daun. Unit & letaknya sederhana, bersilangan. Bentuk elips dan Ujungnya meruncing dengan ukuran 6,5-10,5 x 3,5-5 cm.

Bunganya terdiri dari bunga jantan atau betina saja, tidak pernah keduanya. Bunga jantan (tanpa gagang) lebih kecil dari betina, dan menyebar di sepanjang tandan. Tandan bunga jantan berbau, tersebar, berwarna hijau dan panjangnya mencapai 11 cm. Letak bunganya di ketiak daun. Formasinya bulir dan daun mahkota berwarna hijau & putih. Kelopak bunganya berwarna hijau kekuningan dengan benang sari ada 3 berwarna kuning.

Buah berbentuk seperti bola dengan 3 tonjolan, warna hijau, permukaan seperti kulit, berisi biji berwarna coklat tua. Ukuran buahnya berdiameter 5-7mm.

Sumber

http://wetlands.or.id/mangrove/mangrove_species.php?id=26

http://www.proseanet.org/prohati2/browser.php?docsid=152

Tentang Penulis
Syamsul Anwar Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2015-06-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *