Katak Kepala Pipih

Katak Kepala Pipih
22 Desember 2014
3280

Filum   : Chordata
Kelas  : Amphibia
Ordo   : Anura
Famili  : Bombinatoridae
Genus : Barbourula
Spesies : Barbourula kalimantanensis

 

Barbourula kalimantanensis atau Katak Kepala-pipih Kalimantan (Bornean Flat-headed Frog) sangat unik karena tidak mempunyai paru-paru. Katak Kepala-pipih Kalimantan (Barbourula kalimantanensis) menjadi satu-satunya katak di dunia yang tidak mempunyai paru-paru. Untuk bernafas, amfibi langka dan unik ini sepenuhnya bernafas melalui kulitnya.

Selain terkenal sebagai katak unik yang bernafas tanpa paru-paru, Katak Kepala-pipih Kalimantan (Barbourula kalimantanensis) pun menjadi jenis amfibi langka dan endemik Indonesia. Katak Kepala-pipih Kalimantan menjadi satu diantara 9 amfibi langka yang berstatus Endangered di Indonesia. Pun menjadi salah satu katak endemik kalimantan yang sebarannya sangat terbatas. Katak tanpa paru-paru ini hanya ditemukan di kecamatan Nanga Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat.

Nama latin hewan anggota Amphibia ini adalah Barbourula kalimantanensis Iskandar, 1978. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Bornean Flat-headed Frog atau Kalimantan Jungle Toad. Sedang dalam bahasa Indonesia dinamai sebagai Katak Kepala-pipih Kalimantan. Katak dari famili Bombinatoridae dideskripsikan pertama kali oleh Djoko T. Iskandar, seorang pakar herpetofauna dari ITB, pada tahun 1978.

Deskripsi Tubuh

Katak Kepala-pipih Kalimantan (Barbourula kalimantanensis) berukuran sedang. Panjang tubuhnya sekitar 6,6 cm (jantan) dan 7,7 cm (betina). Kepalanya pipih mendatar, dengan moncong yang lebar membundar dan badan yang gempal. Tungkai depan dan belakang gemuk dengan selaput renang yang penuh hingga ke  masing-masing ujung jarinya.

Katak Kepala-pipih Kalimantan memiliki lubang hidung yang terletak di ujung moncong dan rata dengan kulit. Namun tidak memiliki celah tekak (glottis) sebagai muara saluran udara. Pun tidak memiliki paru-paru sebagai organ pernafasannya.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Katak_kepala-pipih_kalimantan

Barbourula kalimantanensis, Katak Tanpa Paru-Paru

Tentang Penulis
Nadia Putri Rachma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2016-03-04
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *