Kasuari Kuat untuk Saat yang Tepat

Kasuari Kuat untuk Saat yang Tepat
25 November 2019
1075

Burung besar yang tidak bisa terbang ini mendapat julukan sebagai burung paling berbahaya di dunia. Tetapi bukan ukuran tubuh ataupun bisa yang membuat ia mematikan, melainkan kekuatan cakarnya.

Burung kasuari tidak agresif. Mereka penyendiri dan sebisa mungkin menghindari konflik. Pertarungan adalah cara terakhir mereka untuk bertahan. Kasuari hanya menyerang saat nyawa dirinya atau anaknya terancam.

Bertubuh tinggi hampir dua meter dan berat 60 kg, kasuari dewasa memiliki kaki yang panjang dan kuat. Mereka bisa lari secepat 50 km/jam dan melompat setinggi dua meter. Kemampuan tersebut diperkuat dengan ketajaman tiga cakar di masing-masing tungkai yang memiliki panjang 12 cm. Cakar inilah yang berbahaya. Sebab saat kacakar menendang, cakar bisa membuat luka yang mematikan karena pendarahan hebat pada organ dalam.

Tetapi tidak perlu panik, sebab sejak 1927 hanya ada satu catatan serangan kasuari yang menyebabkan kematian. Serangan kasuari bisa dihindari dengan mundur perlahan dan sembunyi di balik semak saat berpapasan di alam terbuka. Jangan lari! Karena mereka selalu bisa mengejar kita.

Referensi: scientific americanGuinness world recordssandiegozoo

 

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *