Kandungan Bulu Babi yang Jarang Orang Ketahui

Kandungan Bulu Babi yang Jarang Orang Ketahui
30 Desember 2022
648

Bulu babi (Diadema setosum) merupakan salah satu jenis biota laut  yang masuk dalam Filum Echinodermata dan Kelas Echinoidea. Bulu babi terkenal dengan rupanya yang dipenuhi oleh duri kerap ditakuti dengan siapapun yang melihatnya, namun ternyata bila dilihat dalam kacamata kesehatan mengkonsumsi bulu babi memiliki manfaat untuk memulihkan tubuh. 

 

Pada lokasi pengabdian masyarakat di Pulau Mesa NTT, pesisir laut  banyak didapati bulu babi yang diambil lalu hasil tangkapannya dimasak. Beberapa masyarakat Pulau Mesa sangat suka mengkonsumsi bulu babi karena rasa yang enak. Merujuk dari penelitian yang dilakukan Nane, (2013) menyebutkan bahwa telur bulu babi dapat dikonsumsi. 

 

Delianis di Institut Obag dan bahan Alam Undip membuktikan bahwa bulu babi ternayta mengandung protein dalam jumlah yang sangat besar yakni mencapai 80 %. Kandungan nutrisi yang ada di dalam 100 gram bulu babi yaitu 13,8 gram protein; 4,3 gram lemak; dan 2,5 gram karbohidrat. Bulu babi juga termasuk makanan rendah kalori, kalori yang terdapat dalam bulu babi yaitu sebanyak 86 kkal per 100 gram bulu babi. 

 

Mardatila, A. (2021). 6 Manfaat Bulu Babi bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Kaya Protein. Medan. Retrieved December 30, 2022, from

https://www.merdeka.com/sumut/6-manfaat-bulu-babi-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui-kaya-protein-kln.html

 

Tentang Penulis
Fitria Widya
Ilmu Komunikasi/Hubungan Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2023-11-22
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *