Kalajengking Kaisar/Pandinus imperator

Artikel
Kalajengking Kaisar/Pandinus imperator
Lain-lain
3618
29 November 2014
Penulis
Mabrur Mabrur
65
posting

Klasifikasi                             

Kingdom: Animalia                                                          

Phylum            :Arthropda

Class                : Arachnida

Order               : Scorpiones

Family             : Scorpionidae

Genus              : Pandinus

Species            : Pandinus  imperator 

 

Deskripsi: Kalajengking termasuk kedalam Arachnida dan mempunyai delapan lengan. Mereka dikelompokkan dalam ordo Scorpionses. Kalajengking terdiri atas 2000 spesies. Kalajengking  Kaisar adalah spesies yang mempunyai ukuran paling besar. Tubuhnya terbagi menjadi dua bagian yaitu cephalothorax dan abdomen. Kalajengking Kaisar memilki eksoskeleton yang dapat berwarna biru gelap, colat, kemerahan, dan hitam. Ada pinchers bertekstur yang berwarna kemerahan. Sengatan mereka agak berbisa, tapi ada sengatan menyakitkan. Sengatannya tidak berbahaya bagi orang-orang yang sehat. Mereka memiliki cakar yang sangat kuat, dapat mencubit keras. Mereka jarang menyengat, tetapi individu muda dan perempuan kalajengking dapat lebih rentan terhadap menyengat. Dua pinchers (pedipalpus) yang terletak di bagian depan tubuh kalajengking dan mereka cukup kuat untuk mengambil darah dari tubuh seseorang. Masa hidup mereka adalah delapan tahun. Mereka makan kecoa, jangkrik, dan cacing makan. Kaisar kalajengking memangsa sejumlah besar hewan, seperti, laba-laba, tawon parasit, lalat, burung, reptil, dan amfibi. Mereka berburu di malam hari dengan menggunakan rambut sensori mereka untuk mendeteksi dekat mangsa.  

Habitat: Scorpions Kaisar hidup di bawah batu, kayu, dan puing-puing hutan lainnya. Hutan hujan tropis Afrika Barat. Kalajengking ini di negara-negara Togo, Ghana, Chad, Benin, Guinea, Liberia, Serria Leone, Senegal, dan Wilayah Kongo.    

Dampak/Potensi:Kalajengking bisa digunakan sebagai hewan peliharaan oleh para pehobi, namun jarang sekali dipelihara. Selain itu kalajengking ini dapat menyebabkan terjadinya kematian apabila terkena sengatannya.  

Sumber: Leliani, A. 2008.Pandinus imperator http://pioneerunion.ca.schoolwebpages.com/education/components/scrapbook/default.php?sectiondetailid=2888&linkid=nav-menu-container-4-15808 Diakses pada tanggal 19 November 2014

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *