Ikan sepat spesies lokal yang belum dimaksimalkan potensinya

Kelautan
Ikan sepat spesies lokal yang belum dimaksimalkan potensinya
5 Mei 2016
1655

Trichogaster trichopterus memiliki dua spot di bagian samping badan, memiliki pinea dorsal, pinea caudal yang berbentuk kipas, dan pinea ventral yang lebar.

Habitat dan distribusi habitat di air tawar, hidup dirawa-rawa, kanal, dan lahan basah dataran rendah. Penyebaran mulai dari cina, Asia tenggara, Kalimantan Barat, dan Sumatra.

 

Klasifkasi :

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Perciformes

Famili: Osphronemidae

Genus : Trichogaster

Spesies : Trichogaster trichopterus    

Ikan Sepat rawa (Trichogaster trichepterus) termasuk kedalam grup gnathostomata (memiliki rahang), bentuk tubuhnya seperti ikan sepat siam yaitu tubuhnya pipih, kepalanya mirip dengan ikan gurami muda yaitu lancip. Panjang tubuhnya tidak dapat lebih besar dari 15 cm, permulaan sirip punggung terdapat di atas bagian yang lemah dari sirip dubur. Pada tubuhnya ada dua bulatan hitam, satu di tengah-tengah dan satu di pangkal sirip ekor. Sirip ekor terbagi ke dalam dua lekukan yang dangkal. Ikan ini hidup di air tawar.

Sumber : 

Jeffri. 2010. Morfologi Ikan, Universitas Sriwijaya, Palembang.   Kisaz. 2008. Morfometrik dan Pola Pertumbuhan Ikan Pantau (Rasbora sp) di Oxbow Belanti Desa Mentulik Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Skripsi. Faperika. Universitas Riau. Pekanbaru.  

Murdani. 2008. “Karakteristik Sensoris Dan Kimia Pada Ikan Kebung (Restrelliger sp) Yang Difermentasi Pada Suhu Berbeda”. Skripsi. Pekanbaru: FAPERIKA, Universitas Riau.  

Manda, et al. 2013. Penuntun Praktikum Ichthyology. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Pekanbaru  

 
Tentang Penulis
MOHAMAD JAKARIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *