Ikan Lampan (Barbodes schwanenfeldii)

Artikel
Ikan Lampan (Barbodes schwanenfeldii)
Lain-lain
1910
28 Juni 2014
Penulis
Alhabsy Hidayatullah
13
posting

Ikan lampan ini mempunyai warna putih keemasan dengan kombinasi kuning keemasn. Mempunyai siri yang berfungsi untuk berenang. Sirip pelvic jugular. Sirip ekor bertipe homocercal. Ukuran tubuh sekitar 15-30 cm.            

Ikan lampan atau Tinfoil Barb suka hidup berkelompok, merupakan ikan pelagis dengan bentuk ramping. Tinfoil Barb dibedakan dengan spesies lain oleh sirip punggung merahyang berakhir di ujung sirip hitam. Sirip ekor memiliki garis hitam pada setiap lobus. Tubuh bagian lateral didominasi oleh warna perak atau perak keemasan. Tinfoil Barb memakan tumbuhan air dan alga berbentuk benang, selain itu juga memakan serangga kecil dan cacing. Ikan dewasa akan mengambil crustacean kecil seperti udang air tawar (Batu secret Zoo).            

Ikan Lampan memiliki tubuh pipih dengan perut agak membundar. Tubuh ikan lampan memiliki warna kuning keemasan pada bagian atas garis rusuk dan berwarna putih keemasan pada bagian bawah garis rusuk. Terdapat warna merah bercak hitam pada bagian sirip dorsal di ujung jari-jari lemah bercabang. Sirip caudal berbentuk cagak bewarna merah dengan garis hitam pada bagian atas dan bawah jari-jari bertulang agak elmah. Posisi mulut terminal, dapat disembulkan dan dilengkapi oleh dua pasang sungut. Ikan lampan memiliki linea lateralis yang lengkap dan tidak terputus dari belakang operculum hingga pertengahan batang (Setiawan, 2007).

Sumber:

Batu Secret Zoo

Setiawan, Budi. 2007. Biologi Reproduksi dan Kebiasaan Makanan Ikan Lampan (Barbonymus schwanenfeldii) di Sungai Musi, Sumatera Selatan. Bogor:    Institut Pertanian Bogor.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *