Hitung Carbon Footprint Kamu di Sini

Hitung Carbon Footprint Kamu di Sini
9 Oktober 2015
2322

Sadarkah, ketika melakukan aktifitas sehari-hari kita telah menyumbang emisi karbon untuk bumi. Kegiatan menggunakan alat transportasi, perangkat elektronik, bahkan makanan yang kita beli meninggalkan jejak karbon untuk bumi.

Jejak karbon atau carbon footprint adalah jejak karbon atau gas rumah kaca yang berasal dari suatu aktifitas. Carboon footprint menurut sumbernya terbagi menjadi dua. Pertama carbon footprint primer yang berasal dari pembakaran langsung. Kedua, carbon footprint sekunder adalah jejak emisi CO(karbon dioksida) yang tidak langsung seperti penggunaan perangkat elektronik.

Karbon dioksida menjadi penting untuk direkam jejaknya karena mempunyai efek besar untuk bumi. Karbon dioksida yang melebihi batas normal di atmosfer akan mempercepat pemanasan global. Akibatnya hal tersebut dapat mengganggu keseimbangan iklim dan berdampak pada kehidupan di bumi.

Kita bisa menghitung seberapa banyak carbon footprint yang dihasilkan dari aktifitas yang dilakukan. Misalnya menghitung seberapa banyak menghabiskan gas elpiji atau menggunakan listrik dalam sehari. Dari daftar kegiatan tersebut kita bisa mengetahui berapa banyak emisi karbon yang kita buang.

Seiring dengan perkembangan teknologi, menghitung carbon footprint menjadi semakin mudah. Terdapat beberapa website yang menyediakan fitur penghitungan carbon footprint dengan mudah. Berikut adalah 5 website yang menyediakan fitur penghitungan carbon footprint:

  1. Carbon Footprint Calculator
    http://www.carbonfootprint.com/calculator.aspx
  2. The Nature Conservancy
    http://www.nature.org/greenliving/carboncalculator/
  3. Global Footprint Network
    http://www.footprintnetwork.org/en/index.php/GFN/page/calculators/
  4. WWF UK
    http://footprint.wwf.org.uk/
  5. Earth Day
    http://www.earthday.org/footprint-calculator
Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *