Hemat Energi Lingkungan Terlindungi

Artikel
Hemat Energi Lingkungan Terlindungi
Aktivitas, Perubahan Iklim
89
29 Juli 2022
Universitas Indonesia
Penulis
Maghfira Nadya Salsabila
3
posting

Ketika kita mengurangi penggunaan energi sama halnya dengan kita mengurangi jumlah asap beracun yang dihasilkan dari pembangkit listrik dan melindungi ekosistem dari kerusakan. Untuk menghasilkan listrik, sebagian besar pembangkit listrik menggunakan batu bara, minyak mentah, atau bahan bakar fosil. Meskipun menghasilkan energi dengan harga yang murah tapi bumi kita membayar dengan harga yang mahal.

 

Pembangkit listrik mengemisikan karbon dioksida, sulfur dioksida, dan nitrogen oksida ke udara. Gas-gas tersebut hanya sebagian kecil dari gas yang dihasilkan dan merupakan gas rumah kaca. Gas rumah kaca menyebabkan terjadinya pemanasan global karena gas-gas tersebut terperangkap di bumi. Misalnya CO2 (karbon dioksida), penyumbang terbesar dari polusi udara yang merupakan gas rumah kaca ini ketika berada di udara akan menyerap energi panas dari matahari dan menyimpan panas di atmosfer kita.

 

Nah, ini nih yang bikin cuaca sekarang jadi gak menentu. Jadi, mengurangi konsumsi energi dapat mengurangi jumlah listrik yang dihasilkan pembangkit listrik dan mengurangi jumlah bahan bakar fosil yang dibakar. Mengurangi penggunaan listrik di rumah dengan aktivitas yang sederhana, seperti mematikan listrik bila sudah tidak digunakan dapat menghemat sumber daya dan bermanfaat bagi lingkungan.

 

Mungkin langkah kecil ini kelihatan tidak penting tapi perubahan kecil tersebut dapat menjadi lompatan besar bila kita kalikan dengan 7 miliar penduduk bumi. Sudahkah kamu menghemat energi hari ini? Energy serves you the way you deserve.

4
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *