Hati-hati dengan Getah Si Hijau Penghias Rumah

Hati-hati dengan Getah Si Hijau Penghias Rumah
20 November 2019
1066

Aglaonema yang juga dikenal dengan sri rejeki telah menjadi tanaman hias yang umum ditanam di Indonesia. Persebarannya luas karena mudah dalam perawatan dan memiliki daun cantik nan lebar. Sayang hanya sedikit orang tahu bahwa aglaonema memiliki racun.

Getah aglaonema mengandung kristal oksalat yang bisa menimbulkan ruam kulit, mulut, hingga tenggorokan. Akibatnya pencernaan terganggu hingga sulit bernapas. Getah terdapat pada daun dan batang tanaman. Efek racun (kristal oksalat) akan muncul saat menyentuh atau memakan getah. Efek tidak bertahan lama (kurang dari satu jam) dan berangsur hilang dengan mencuci bagian yang terkena getah serta konsumsi susu.

Baca juga: Sembuhkan Luka dengan Getah Batang Pisang dan Pare

Dampak racun tergolong ringan sehingga tidak membahayakan nyawa. Namun tetap harus berhati-hati terutama bagi bayi dan balita. Racun juga berbahaya bagi hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kuda.Selain aglaonema, kristal oksalat juga ditemukan pada peace lily, anthurium, agave, dan keladi (Alocasia spp.). Dimana semua tanaman tersebut banyak ditanam sebagai penghias halaman.

Referensi: ucanrncsuscience direct 

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *