Harendong Bulu

Artikel
Harendong Bulu
Lain-lain
6997
19 Juni 2014
Penulis
Nararya Gunadharma
2
posting

Bagi anda yang sering berkegiatan di kebun hingga ke dalam hutan, mungkin Harendong bulu sudah tidak lagi asing. Tumbuhan ini merupakan jenis yang mudah ditemui di areal terbuka dan terkadang tumbuh menutupi tepian hutan bahkan menjadi gulma.

Harendong bulu dengan nama latin  Clidemia hirta merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam famili Melastomataceae. Jenis ini dapat anda kenali melalui batang dan daunnya yang dihiasi oleh duri-duri halus menyerupai rambut.

Harendong bulu memiliki buah buni dengan ukuran kecil dan mengelompok. Anda dapat membedakan buah yang sudah masak dan belum dari warnanya. Buah muda berwana hijau dan buah yang masak berwarna keunguan. Bila anda iseng, anda dapat coba mencicipi buah tersebut.Buah yang sudah masak akan terasa manis dan gurih.

Selain buahnya, Harendong bulu juga memiliki manfaat lain. Daun Harendong bulu dapat digunakan sebagai penutup luka bila anda mengalami cidera saat tengah berkegiatan di lapang. Anda tinggal memetik beberapa lembar daun harendong bulu dan mencucinya dengan air bersih, daun kemudian anda remas dan diletakan pada luka. 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *