Goa Jomblang Jogja, Menelan Hijau Hutan Purba

Goa Jomblang Jogja, Menelan Hijau Hutan Purba
10 September 2014
3011

Penah menonton film Sanctum? Film yang menceritakan kisah menakjubkan masuk ke dalam gua vertikal Esa'ala gua terdalam di dunia yang berada di Papua New Guinea. Atau pernah mendengar kisah Suku Maya yang melakukan upacara adat di sebuah lubang yang disebut Cenote, gua vertikal yang indah di Mexico.

Indonesia tidak memiliki Esa'ala dan Cenote, meskipun begitu Indonesia memiliki gua yang tak kalah menakjubkan dan memiliki keunikan yang tak dimiliki kedua tempat tersebut. Gua Jomblang di Gunung Kidul Jogjakarta adalah gua vertikal dengan kedalaman 60 meter dan memiliki diameter mulut gua selebar 50 meter. Gua ini terbentuk oleh aktivitas geologis yang membentuk lubang dan menurunkan sebagian permukaan tanah ke dalam perut bumi.

Cahaya memasuki celah Gua Jomblang. (Foto: Barry Kusuma)

 

Hutan Purba Goa Jomblang. (foto: Chocky Sihombing)

 

Hutan purba di dasar gua menjadi keistimewaan dari Gua Jomblang. Tidak banyak tempat di dunia memiliki hutan di dalam gua, terlebih lagi hutan putan purba di Goa Jomblang memiliki spesies tumbuhan yang unik.

Tahun 2014 ini Biodiversity Warriors KEHATI akan mengajak para Warriors yang beruntung dan telah berbagi informasi biodiversitas Indonesia di website www.biodiversitywarriors.org, ayo segera bergabung dan mulai berbagi informasi biodiversitas! Semua warriors punya kesempatan yang sama untuk ikut Journey ke Gua Jomblang.

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *