Gaya Hidup Rendah Karbon

Artikel
Gaya Hidup Rendah Karbon
735
20 Juni 2021
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Penulis
Yessmarcell_
3
posting

Emisi karbon  adalah buangan gas dari hasil pembakaran senyawa yang mengandung karbon, seperti karbondioksida (CO2 ), CFC (Chlor Fluoro Carbon ) Gas Pendingin (gas freon).

Emisi karbon berdampak buruk bagi bumi. Efek rumah kaca adalah salah satu akibat yang ditimbulkan dari emisi karbon yang menyebabkan bumi menjadi lebih panas. Indonesia sendiri menduduki peringgkat ke-enam sebagai negara penghasil karbon tertingi di dunia.

Emisi karbon sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Emisi karbon bisa dihasilkan dari pembakaran fosil, gas LPG, gas yang dikeluarkan pada AC, obat nyamuk, dan cat semprot.

Oleh karena itu sudah saatnya kita untuk mengurangi emisi karbon dengan menjauhkan gaya hidup konsumtif dan mulai menerapkan gaya hidup rendah karbon.

Beberapa cara yang dapat kita terapkan untuk memulai gaya hidup rendah karbon yang bisa kita terapkan sehari-hari.

  1. Membawa tumblr sendiri

Gaya hidup sederhana ini ternyata berdampak besar. Air minum dalam kemasan diproduksi melalui proses yang panjang dan biasanya bahan baku air minum diambil dari sumber yang jauh sehingga menambah emisi karbon yang dihasilkan melalui transportasinya. Ditambah lagi kemasan air minum juga menambah polusi sampah di dunia.

  1. Mengkonsumsi makanan lokal.

Makanan yang diimpor menimbulkan jejak karbon yang besar. Mulai dari pengolahan, pendistribusian hingga sampai ke tangan kita memerlukan transpotasi yang tentunya menghasilkan emisi karbon. Pilihlah makanan lokal kita yang sangat beragam dan juga sangat lezat yang bisa kita jumpai dengan mudah disekitar kita. Atau kita bisa menemukannya dikebun kita dengan memulai menanam sendiri kebutuhan pangan kita.

  1. Mematikan Listrik apabila tidak digunakan.

Mulai membiasakan untuk mematikan lampu apabila tidak digunakan karena sebagian besar pembangkit listrik dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil. Mencabut perangkat ydari aliran listrik juga membuat perangkat kita lebih awet.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi emisi karbon dalam kehidupan sehari-hari. Selain ikut menjaga bumi ternyata gaya hidup rendah karbon juga merupakan gaya hidup hemat yang menjauhkan kita dari sikap konsumtif. Yuk Terapkan mulai sekarang!

1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *