Ganggang Penghasil Listrik

Ganggang Penghasil Listrik
23 Januari 2018
1662

Para ilmuwan dari University of Cambridge berhasil mengembangkan alga yang lima kali lebih efisien sebagai penghasil listrik. Prinsip dasarnya adalah mengubah sinar matahari menjadi arus listrik menggunakan kemampuan fotosintesis alga. Sebelumnya, alga dimodifikasi genetik dengan menambahkan cyanobacteria untuk meningkatkan efisiensi dan energi yang dihasilkan.

Meskipun saat ini alga masih kalah efisien dibandingkan pembangkit listrik tenaga surya, energi terbarukan dari alga memiliki prospek yang baik. Alga lebih praktis karena bisa digunakan tanpa harus membangun infrastruktur. Dia juga mampu mengoptimasi proses pengisian daya, pengiriman daya dan memperbaiki kerusakannya sendiri.

Kepraktisannya membuat alga cocok diterapkan di daerah terpencil dimana masyarakat bisa memproduksi listrik sendiri. Seperti penduduk yang tinggal di dalam hutan atau daerah pedalaman yang sulit akses. Indonesia sendiri sudah mengenal dan mengolah alga menjadi sumber energi terbarukan, tetapi dengan mengolahnya menjadi minyak. Hasilnya pun tinggi bisa mencapai 50.800 liter/ ha dalam setahun. Nah sekarang Indonesia bisa mencoba menerapkan alga sebagai sumber energi biologis, karena iklim yang menunjang bagi pertumbuhan alga sepanjang tahun dan lahan yang luas.

Sumber : http://www.independent.co.uk/news/science/africa-powered-genetically-modified-algae-rural-areas-scientists-cambridge-a8151626.html https://nationalgeographic.co.id/berita/2018/01/memanfaatkan-alga-laut-sebagai-tenaga-listrik-di-wilayah-pedalaman https://www.nature.com/articles/s41560-017-0073-0

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *