Fungsi dan Manfaat Hutan pembatas dua wilayah (Mangrove)

Artikel
Fungsi dan Manfaat Hutan pembatas dua wilayah (Mangrove)
Lain-lain
2114
19 Juni 2014
Penulis
Punta yoga
4
posting

Pada saat kita sedang berkunjung ke daerah pesisir pantai maka biasanya kita akan menemukan hutan yang membatasi wilayah daratan dengan wilayah  laut, hutan tersebut lebih dikenal dengan sebuatan hutan bakau atau mangrove. Mangrove adalah vegetasi yang tumbuh di lingkungan di sekitar pantai yang dapat di temui di garis pantai tropika dan sub tropika yang bisa memiliki fungsi – fungsi sosial ekonomi dan lingkungan (FAO 2003).

Mangrove sendiri memiliki beberapa fungsi yang berguna baik  dirasakan oleh manusia (sosial) maupun alam dan lingkungan hidup itu sendiri. Fungsi mangrove dapat di kategorikan menjadi tiga, yaitu fungsi biologis/ekologis, fungsi fisik dan fungsi sosial ekonomis.

Fungsi ekologis ialah fungsi dimana hutan mangrove sebagai sebuah ekosistem terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Adanya hutan mangrove memiliki nilai penting bagi kehidupan flora dan fauna yang hidup di daerah sekitar pantai.

Kedua, fungsi fisik ialah hutan mangrove memiliki peranan penting dalam melindungi pantai dari gelombang besar, angin kencang dan badai pada fungsi ini bisa di lihat bahwa mangrove bisa menjadi salah satu cara dalam mitigasi bencana pada area pesisir pantai. Sedangkan, menurut kusmana dkk (2003) fungsi fisik ini di bagi menjadi 5 fungsi pokok keberadaan hautan mangrove yaitu pertama menjaga garis pantai dan tebing sungai dan erosi / abrasi agar tetap stabil, kedua, mempercepat perluasan lahan, ketiga mengendalikan intrusi air laut, keempat melindungi daerah di belakang hutan mangrove dari hempasan gelombang dan angin kencang dan kelima mengelolah limbah organik.

Ketiga, Fungsi sosial ekonomi ini ialah hutan mangrove dapat dimanfaatkan oleh masyrakat untuk di gunakan sebgai alat pertambahan ekonominya namun pengelolaanya harus tetap memperhatikan kelestarianya. Adanya hutan mangrove dapat pula menciptakan lapangan perkerjaan baru bagi masyarakat sekitar hutan mangrove.contohnya saja pembangunan lokasi ekowisata mangrove bahkan buah yang di hasilkan oleh mangrove dapat di jadikan olahan makanan yaitu selai buah dan sirup  buah mangrove.

Selain memiliki fungsi yang disebutkan diatas, mangrove juga memiliki manfaat untuk kehidupan manusia. Manfaat hutan mangrove dapat dilihat dari kegunaan yang dapat di berikan bagi kehidupan manusia. Ekosistem hutan mangrove secara keseluruan dapat di manfaatkan sebagai lahan tambak , lahan pertanian dan kolam garam hal ini juga terjadi pula di lahan mangrove beberapa daerah di indonesia dan yang kedua sebagai lahan pariwisata yang berarti potensi yang dimiliki oleh mangrove menawarkan keindahan alamnya. Bentuk wisata yang dapat di jadikan produk untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke wisata hutan mangrove adalah memancing, berperahu, pengamatan satwa, lintas alam mangrove, pengamatan matahari terbit dan terbenam. Selain itu manfaat yang diberikan hutan mangrove  dapat di lihat dari aspek fauna dan floranya contohnya pemanfaatan pohon untuk kayu bakar dan adanya fauna laut  yang hidup di sekitar mangrove.

Adanya semua hal positif tentang mangrove tentu pemerintah dan masyarakat harus bergotong royong untuk melestarikan kawasan mangrove di Indonesia apalagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentu memiliki bentang pesisir pantai yang panjang.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *