Flora ini adalah identitas Bali dan juga tanaman yang diskralkan

Flora ini adalah identitas Bali dan juga tanaman yang diskralkan
23 Januari 2015
5756

Siapa tidak pernah mendengar Bali? pulau dengan sejuta pesona ini namanya sudah mendunia. Pantai, tarian tradisional, dan budaya yang khas adalah beberapa hal yang terlintas di kepala saat mendengar kata Bali. Namun adakah yang mengetahui flora (tumbuhan) yang menjadi identitas pulau yang memiliki Pulau Dewata ini?

Menurut www.proseanet.org, Bali memiliki dua biota indentitas provinsi yaitu Burung Jalak Bali dan Pohon Majegau. Berbeda dengan burung jalak bali yang sudah banya dikenal, tidak banyak yang tau bahwa pohon majegau adalah flora identitas Provinsi Bali. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Dysoxylum densiflorum, termasuk dalam keluarga Meliaceae berkerabat dengan tanaman mahoni.

 

Pohon majegau yang sudah berbuah.

 

Majegau tersebar di beberapa daerah seperti Burma, Cina, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Kepulauan Sunda Kecil. Setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk majegau seperti pingku (Sunda), cempaga (jawa), kheuruh (Madura), dan Tumbawa rendai (Minahasa). Di Bali kayu majegau digunakan dalam upacara adat karena wanginya yang harum, selain itu kayunya juga digunakan untuk bahan bangunan suci atau ukiran. Majegau di Bali bukan menjadi sekedar pohon atau identitas, majegau adalah pohon yang sangat disakralkan.

 

Referensi:

[wikipedia, alamendah, quazoo, shh]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *