Cystic fibrosis, Penyakit Akibat Lendir pada Paru-paru

Artikel
Cystic fibrosis, Penyakit Akibat Lendir pada Paru-paru
Lain-lain
4289
16 Desember 2014
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting
Cystic fibrosis (CF) adalah penyakit yang diturunkan (diwariskan) dari kelenjar-kelenjar lendir dan keringat anda. Ia mempengaruhi kebanyakan paru-paru, pankreas, hati, usus-usus, sinus-sinus, dan organ-organ seksual anda.
 
Normalnya, lendir adalah encer/berair. Ia mempertahankan lapisan-lapisan dari organ-organ tertentu tetap lembab dan mencegah mereka mengering atau terinfeksi. Namun pada CF, gen yang abnormal menyebabkan lendir menjadi kental dan lengket.
 
Lendir terbentuk pada paru-paru anda dan menghalangi saluran-saluran udara. Ini membuat lebih mudah bakteri-bakteri untuk berkembang dan menjurus pada infeksi-infeksi paru berulangkali yang serius. Seiring dengan waktu, infeksi-infeksi ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada paru-paru anda.
 
Lendir yang kental dan lengket dapat juga menghalangi tabung-tabung, atau saluran-saluran pada pankreas anda. Sebagai akibatnya, enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas anda tidak dapat mencapai usus kecil anda. Enzim-enzim ini membantu menguraikan makanan yang anda makan. Tanpa mereka, usus-usus anda tidak dapat menyerap lemak-lemak dan protein-protein sepenuhnya.
 
Sebagai akibatnya:
 
  • Nutrisi-nutrisi meninggalkan tubuh anda tanpa dipergunakan, dan anda dapat menjadi kekurangan gizi.
  • Feces-feces anda menjadi sangat besar.
  • Anda mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin-vitamin A, D, E, dan K .
  • Anda mungkin mempunyai gas dalam usus, perut yang membegkak, dan nyeri atau ketidaknyamanan.
 
Gen-gen yang abnormal juga menyebabkan keringat anda menjadi sangat asin. Sebagai akibatnya, ketika anda berkeringat, tubuh anda kehilangan jumlah-jumlah garam yang besar. Ini dapat mengganggu keseimbangan dari mineral-mineral dalam darah anda. Ketidakseimbangan mungkin menyebabkan anda mendapatkan kedaruratan panas (heat emergency).
 
CF dapat juga menyebabkan kemandulan (kebanyakan pada pria-pria).
 
Gejala
Gejala dan keparahan dari CF bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang-orang dengan CF mempunyai persoalan-persoalan paru dan pencernaan yang serius. Orang-orang lain mempunyai penyakit yang lebih ringan yang tidak timbul hingga mereka menjadi anak-anak remaja atau kaum dewasa muda.
 
Kegagalan pernapasan adalah penyebab yang paling umum dari kematian pada orang-orang dengan CF.
 
Penyebab Cystic Fibrosis
 
Cystic fibrosis (CF) disebabkan oleh kerusakan pada gen yang disebut cystic fibrosis transmembrane conductance regulator (CFTR) gene. Gen ini membuat protein yang mengontrol pergerakan dari garam dan air yang masuk dan keluar dari sel-sel didalam tubuh anda. Pada orang-orang dengan CF, gen tidak bekerja secara efektif. Ini menyebabkan lendir yang kental dan lengket dan keringat yang sangat asin yang adalah ciri-ciri utama dari CF.
 
Setiap dari kita mewarisi dua gen-gen CFTR, satu dari setiap orangtua.
 
  • Anak-anak yang mewarisi gen CFTR yang abnormal dari setiap orangtua akan mempunyai CF.
  • Anak-anak yang mewarisi gen CFTR yang abnormal CFTR dari satu orangtua dan gen CFTR yang normal dari orangtua lainnya tidak akan menpuntai CF. Mereka akan menjadi pengidap-pengidap CF (CF carriers).
 
Pengidap-pengidap CF (CF carriers):
 
  • Biasanya tidak mempunyai gejala-gejala CF
  • Hidup kehidupan-kehidupan yang normal
  • Dapat memberikan gen CFTR yang abnormal kepada anak-anak mereka
 
Jika dua pengidap-pengidap CF mempunyai bayi, bayinya mempunyai:
 
  • Satu dari empat kesempatan-kesempatan mewarisi dua gen-gen CFTR yang abnormal dan mempunyai CF.
  • Satu dari empat kesempatan-kesempatan mewarisi dua gen-gen CFTR yang normal CFTR dan tidak empunyai CF atau menjadi pengidap.
  • Dua dari empat kesempatan-kesempatan mewarisi satu gen CFTR yang normal dan satu gen CFTR yang abnormal. Bayi tidak akan mempunyai CF namun akan menjadi pengidap CF seperti orangtuanya.
 
Tanda-Tanda Cystic Fibrosis
 
Kebanyakan dari gejala-gejala cystic fibrosis (CF) disebabkan oleh lendir yang kental dan lengket. Gejala-gejala yang paling umum termasuk:
  • Batuk yang seringkali yang mengeluarkan sputum (dahak) yang kental.
  • Serangan-serangan yang sering dari bronchitis dan pneumonia. Mereka dapat menjurus pada peradangan dan kerusakan paru yang permanen.
  • Kulit yang rasanya asin.
  • Dehidrasi.
  • Kemandulan (kebanyakan pada pria-pria).
  • Diare atau feces-feces yang besar, berbau busuk dan berminyak yang terus menerus.
  • Nafsu makan yang besar namun penambahan berat badan dan pertumbuhan yang buruk. Ini disebut “kegagalan untuk tumbuh dengan subur”. Itu adalah akibat dari malnutrisi yang kronis karena anda tidak mendapatkan nutrisi-nutrisi yang cukup dari makanan anda.
  • Nyeri dan ketidaknyamanan lambung yang disebabkan oleh terlalu banyak gas didalam usus-usus.
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *