Burung Dara Mahkota

Burung Dara Mahkota
23 Juni 2014
3778

 

Burung dara mahkota memiliki bulu yang didominasi warna biru dengan kombinasi warna putih dan hitam di bagian sayap dan bewarna cokelat kemerahan di bagian dada. Mempunyai sayap dan bisa terbang. Memiliki tipe kaki berjalan. Tipe cakar obtuse. Paruh pendek khas pemakan biji-bijian. Jumlah jari kaki ada 4 pada tiap kaki. Tarsometatarsus scutellata. Di kepalanya terdapat bulu-bulu yang bisa berdiri berbentuk seperti mahkota.

Burung dara mahkota ini sangat berbeda dengan burung merpati yang kita temui di kota-kota. Burung ini mempunyai bulu diatas kepala yang dapat dinaikkan seperti mahkota. Burung ini bertipe monogami dalam pasangan hidup (Batu Secret Zoo).    

Burung dara mempunyai mahkota berwarna biru kombimasi abu-abu keputihan, selain itu di tengahnya terdapat noda seperti mata (bulatan kecil yang disebut occeli). Mahkota berdiri tegak, pipih dan lebar seperti kipas sehingga mengakibatkan burung dara mahkota terlihat begitu indah dan anggun. Burung dara mahkota jantan dan betina sulit untuk dibedakan karena memiliki warna tubuh yang sama. Burung jantan dan betina hanya bisa dibedakan melalui ukuran tubuhnya. Pada burung jantan mempunyai bentuk tubuh agak memanjang seadng betina agak membulat. Demikian pula pada bagian atas kepala pada burung jantan agak mendatar dan pada burung betina agak melengkung. Paruh pada burung jantan besar dan agak pendek sedang pada betina paruh panjang dan kecil (Notanubun, 2012).

Sumber:

Batu Secret Zoo

Notanubun, Piet R. 2002. Tingkat Kesukaan Burung Dara Mahkota (Goura Victoria) Terhadap Beberapa Jenis Pakan. Manokwari: Universitas Negeri Papua.

 

Tentang Penulis
Alhabsy Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2014-07-07
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *