Burung Aceh yang terancam Punah, Burung Cempala Kuneng

Burung Aceh yang terancam Punah, Burung Cempala Kuneng
1 Juli 2014
3183

Cempala Kuneng / Burung pala kuning  atau bahasa Aceh cicem pala kuneng merupakan salah satu burung kebanggaan rakyat Aceh. Pada masa kejayaan Kesultanan Aceh di bawah Sultan Iskandar Muda (1607 -1636), Cempala Kuneng sudah dikenal dan disebut-sebut dalam berbagai hikayat Aceh. Oleh karena itu maka burung ini pun dijadikan Fauna Identitas Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Burung yang berkerabat dengan Murai Batu ini mudah dikenali karena keelokan dan keindahan warna bulunya, namun sangat susah di temui di alam liar sekarang ini. Keindahan burung ini diperlihatkan oleh warnanya yang coklat keabuan tua mengkilap dengan ciri khas sebentuk alis putih di atas mata, serta paruh hitam ramping tajam. Sebagian dada dan perut sampai pangkal ekor dan punggung berwarna kuning kemerahan, sedangkan ujung ekornya berwarna hitam dengan pinggir putih pada bagian bawahnya.

Karena keindahannya lah banyak orang yang ingin mengoleksi burung ini. Sehingga perburuan burung cempala kuneng semakin meningkat. Di pinggir jalan Banda Aceh-Medan tepatnya diruas jalan Seulawah banyak ditemukan sangkar- sangkar yang mengurung berbagai jenis burung untuk dijual. Tentu pemerintah bisa memberi perhatian lebih untuk menyelamatkan satwa-satwa langka di Aceh

sumber: http://nurkeimanan.wordpress.com/

Tentang Penulis
Subhan Hadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2014-10-08
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *