bunga harum mewangi menggugah selera

Artikel
bunga harum mewangi menggugah selera
Lain-lain
1164
15 Desember 2014
Pusat Riset Konservasi Gajah dn Biodiversitas
Penulis
Achmad Zulfikar
68
posting

Kerajaan :Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Magnoliales

Famili :Annonaceae

Genus :Cananga

Spesies : C. odorata

sebut saja nya kenaga yang memiliki harum merebak dan mewangi ternata dapat membuat nyamuk tidak suka. dalam perkembangan nya tumbuhan ini memiki bunga yang banyak dan ukuran pohon bisa bertahan lama dan bunga ini bisa dibuat untuk minyak yang mempunyai bau yang sangat khas ini mengandung beberapa komponen penting yang dapat digunakan juga sebagai insektisida alami. Beberapa komponen tersebut antara lain eugenol, linalool, dan geraniol. Insektisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk memberantas hama serangga. Berdasarkan tingkat ketahanan serangganya, insektisida dibedakan menjadi tiga jenis. Yaitu,

– imagosida ditujukan untuk membunuh serangga dewasa, – larvasida ditujukan untuk membunuh larva serangga, dan – ovosida ditujukan untuk membunuh telur serangga.

Hal yang paling penting adalah menjaga mutu minyak atsiri yang dihasilkan, agar khasiatnya pun

Beberapa hal berikut perlu mendapat perhatian agar menghasilkan mutu minyak bunga kenanga  yang baik adalah:
  • bunga yang digunakn yaitu bunga yang telah berwarnakuning.
  • pengambilan bung dilakukan saat matahari terbit karena udara masih segar dan bung masih segar pun.
Salah satu contoh manfaat bunga kenanga yang telah diaplikasikan adalah sebagai spray obat antinyamuk. Hal ini merujuk dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan mengoleskan ekstrak bunga kenanga pada tubuh marmut. Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam ekstrak bunga kenanga tersebut lalu meresap ke pori-pori marmut. Selanjutnya, adanya campuran antara keringat dan minyak atsiri ini akan menguap ke udara dan menimbulkan bau. Bau tersebut akan terdeteksi oleh reseptor kimia yang terdapat pada tubuh nyamuk dan diteruskan ke pusat impuls saraf. Hal inilah yang kemudian direspon otak nyamuk agar menghindari tubuh marmut. Walaupun sampai sekarang harga obat antinyamuk ekstrak bunga kenanga masih mahal, namun tidak menimbulkan efek samping seperti kebanyakan obat antinyamuk lainnya.

nantinya tetap terjaga dengan baik.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *