Bumi dan Pencemaran air

Kelautan
Bumi dan Pencemaran air
30 Maret 2020
669

 Air merupakan bagian dari alam yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup didunia.Tanpa air kehidupan didunia tidak dapat berjalan dengan semestinya.Manusia tidak dapat melakuakan aktivitas untuk menunjang kehidupan seperti:menanam tumbuhan,mengirigasi sawah,untuk mencuci,untuk makan,dan hal-hal lainnya.Walaupun demikian masyarakat masih banyak yang kurang sadar akan pentingnya air bagi kehidupannya. Sekarang ini pencemaran telah terjadi dimana saja.Mulai dari pencemaran air,udara,tanah,dan suara.Pencemaran-pencemaran tersebut disebabkan oleh limbah-limbah pabrik,asap kendaraan bermotor,dan aktivitas manusia yang merusak keseimbangan ekosistem

.Pencemaran air banyak disebabkan oleh limbah-limbah pabrik yang dibuang kealiran sungai,sampah-sampah rumah tengga yang dibuang kekali,dan kebocoran atau kerusakan penyulingan minyak dilaut lepas. Pencemaran air dapat berdampak buruk bagi kehidupan manusia .Pencemaran air membuat manusia dapat terserang berbagai penyakit dari bakteri-bakteri,virus-virus yang yang terkandung didalam air yang tercemar tersebut.Walaupun telah mengetahui akibat dari pencemaran air tapi,masyarakat masih terus melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan ketidak seimbangnya ekosistem.

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan disuatu tempat penampungan air seperti danau, sungai,lautan dan air tanah akibat aktifitas manusia atau masuknya zat atau bahan pencemar ke dalam air yang berdampak negatif terhadap manusia, hewan, tumbuhan atau organisme yang tinggal di lingkungan tersebut. Pencemaran air juga dapat didefinisikan sebagai masuknya polutan kedalam ekosistem air baik sengaja ataupun tidak sengaja, sehingga menurunkan mutu atau kualitas dari air. Sedangkan, pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik berupa faktor abiotik (bendamati) maupun faktor biotik (makhluk hidup).Contohnya, air, udara, tanah, tumbuhan, manusia, hewan).

Ada beberapa penyebab dari pencemaran air ini

A. Pencemaran Mikroorganisme dalam Air

Kuman penyebab penyakit pada makhluk hidup seperti bakteri, virus, protozoa, dan parasit.

B. Pencemaran Air oleh Bahan Anorganik Nutrisi Tanaman

Penggunaan pupuk nitrogen dan fosfat dalam bidang pertanian telah dilakukan sejak lama secara meluas. Pupuk kimia ini dapat menghasilkan produksi tanaman yang tinggi sehingga menguntungkan petani. Tetapi dilain pihak, nitrat dan fosfat dapat mencemari sungai, danau, dan lautan.

C. Pencemar Bahan Kimia Anorganik

Bahan kimia anorganik seperti asam, garam dan bahan toksik logam lainnya seperti timbal (Pb), kadmium (Cd), merkuri (Hg) dalam kadar yang tinggi dapat menyebabkan air tidak enak diminum. Disamping dapat menyebabkan matinya kehidupan air seperti ikan dan organisme lainnya, pencemaran bahan tersebut juga dapat menurunkan produksi tanaman pangan dan merusak peralatan yang dilalui air tersebut (karena korosif).

D. Pencemaran Bahan Kimia Organik

Bahan kimia organik seperti minyak, plastik, pestisida, larutan pembersih, detergen dan masih banyak lagi bahan organik terlarut yang digunakan oleh manusia dapat menyebabkan kematian pada ikan maupun organisme air lainnya.

Permukaan bumi memang di dominasi oleh air , sekitar 71 % permukaan di bumi di tutupi oleh air, tetapi jumlah air bersih yang dimiliki oleh bumi kita ini hanya 3%. Oleh karena itu, kita sebagai manusia wajib untuk menjaga kebersihan air dan lingkungan di bumi kita tercinta ini, agar anak cucu kita dapat merasakan air bersih yang ada di bumi ini.

Tentang Penulis
Arga Damara
IPB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-03-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *