Buah Merah dari Timur

Flora
Buah Merah dari Timur
9 Mei 2016
2163

Buah merah sering kita dengar sebagai obat penyembuh berbagai penyakit. Tapi tahukah sahabat Warriors seperti apa buah merah itu dan dari mana asalnya?

Klasifikasi ilmiah! Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Pandanales; Famili: Pandanaceae; Genus: Pandanus; Spesies: Pandanus conoideus

 

Buah merah / Pandanus conoideus adalah salah satu hasil sumber daya alam provinsi Papua. Oleh masyarakat Wamena, Papua, buah ini disebut kuansu. Sesuai dengan namanya, buah ini memang berwarna merah tapi ada juga yang berwarna kuning dan kuning kecokelatan. Buah Merah termasuk tanaman dari keluarga pandan-pandanan dengan pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter. Buah merah, panjang buahnya dapat mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg.

(sumber: matanews.com)

Sahabat Warriors! walaupun populasi buah merah masih banyak di alam bebas, namun tidak menutup kemungkinan dikemudian hari tanaman yang menjadi maskot Papua ini menjadi tumbuhan yang langka jika melihat makin meluasnya deforestasi dan eksploitasi buah merah untuk diperjualbelikan sebagai obat herbal, dll. Tetap diperlukan kebijakan yang serius, agar buah merah ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

 

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan