Biodiversity Warriors, Rangkul Remaja Cintai Indonesia

Artikel
Biodiversity Warriors, Rangkul Remaja Cintai Indonesia
Lain-lain
1554
22 Juli 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Anak muda pengguna internet diharapkan dapat membantu untuk melestarikan aneka ragam hayati yang ada di Indonesia. 

Sumber: http://lifestyle.liputan6.com

 

Liputan6.com, Jakarta Sebagai masyarakat Indonesia, menginformasikan segala keanekaragaman hayati yang dimiliki menjadi salah satu langkah awal yang baik untuk melestarikan apa yang kita punya. Hal ini pula yang dilakukan oleh Biodiversity Warriors. Diusung oleh Yayasan Kehati, melalui website yaitu www.biodiversitywarriors.org ini merupakan platform kegiatan anak muda di seluruh Indonesia untuk melestarikan aneka ragam hayati yang ada di Indonesia.

“Senang sekali bisa mengikuti program ini, kini informasi seputar keanekaragaman hayati Indonesia dapat kita sebarluaskan kepada masyarakat dengan lebih mudah. Semoga website ini bisa menjadi media interaksi bagi para pemuda sekaligus menjadi ajang edukasi untuk mempromosi keanekaragaman hayati dari masing-masing daerah.” Ujar Apris Nur R salah satu peserta/warrior Program Biodiversity Warriors dari Purwokerto-Jawa Tengah.
Melalui website ini, setiap warrior dapat menginformasikan keanekaragaman hayati Indonesia dengan cara melakukan pembuatan jurnal berbentuk foto, video, artikel maupun katalog. Setiap warrior akan memiliki account masing-masing dan setiap karya mereka yang diunggah akan memperoleh poin.
Berdasarkan sistem poin tersebut, setiap warrior dapat memantau posisi rangkingnya setiap saat sehingga hal tersebut dapat menjadi motivasi tersendiri bagi warrior untuk terus meningkatkan poin dan selalu aktif mengunggah karya. Setiap warrior yang memiliki minimal 1000 poin berkesempatan untuk diseleksi mengikuti camp & journey ke daerah di Indonesia yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi.
Menurut Martine Olivia, Account Director & Digital Strategist dari Access Communcations, Program Biodiversity Warriors ini sangat tepat dalam menggunakan website sebagai bagian penting dari gerakan. Karena saat ini ada sekitar 38 juta lebih pengguna internet di Indonesia yang sebagian besar penggunanya adalah anak muda.
Sementara itu, menurut Rosyid Nurul Hakiim, Officer Komunikasi, Yayasan KEHATI, tingginya animo anak muda untuk mendaftar pada website Biodiversity Warriors dapat menjadi modal besar untuk menunjukkan pada masyarakat lebih luas bahwa keanekaragaman hayati di Indonesia itu menganggumkan.
“Biodiversity is awesome. Yayasan KEHATI akan terus berusaha menarik lebih banyak anak-anak muda untuk saling berbagi informasi tentang keanekaragaman hayati di Indonesia agar mampu membangkitkan apresiasi terhadap kekayaan hayati di negara ini. Sehingga pada akhirnya masyarakat akan dengan senang hati melestarikan dan melindunginya,” kata Rosyid. (Cyn/Ars)

(Aria Sankhyaadi)

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *