Biodiversity

Article
Biodiversity
Other
135
9 May 2022
Jurnalistik
Author
selvithia
1
posting

Biodiversity Warrior dibentuk oleh Yayasan Kehati pada tahun 2014. Biodiversity warrior adalah gerakan pemuda yang bertujuan untuk memopulerkan keanekaragaman hayati Indonesia, baik dari segi keunikan, potensi, manfaat, dan pelestariannya.

Pada era teknologi informasi saat ini, sangat mudah untuk menyampaikan segala hal yang terjadi di lingkungan sekitar kita kepada masyarakat. Oleh karena itu. Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) memberikan hibah untuk berbagi program pelestarian keanekaragaman hayati melalui gerakan Bernama Biodiversity Warriors. Kehati mengajak anak-anak muda di Indonesia untuk ambil bagian dari upaya menyelamatkan dan menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia melalui situsnya. Melalui situs tersebut, peserta (warrior) dapat menginformasikan keanekaragaman hayati Indonesia dengan cara menggunggah foto, video, artikel, dan katalog. Setiap peserta akan memiliki akun sendiri sdan setiap karya mereka yang fiunggah akan memperoleh poin.

Keanekaragaman hayati atau biodiversity sendiri mengacu pada berbagai spesies hidup di bumi, contohnya tumbuhan, jamur, dan hewan. Keanekaragaman hayati di bumi sangat banyak sehingga masih banyak spesies yang belum ditemukan. Namun, akibat aktivitas manusia, banyak juga spesies yang terancam punah. Para ilmuan telah memperkirakan bahwa ada sekita 8,7 juta spesies tumbuhan dan hewan yang ada di bumi. Namun, hanya sekitar 1,2 juta spesies yang telah diindentifikasi dan dapat dideskripsikan. Sebagian besar spesies ini adalah serangga. Hal ini menandakan bahwa jutaan organisme lain masih menjadi misteri.

Pentingnya keanekaragaman hayati (Biodiversity):

  1. Satu jenis tidak mampu melakukan berbagai jenis fungsi dalam menunjang sebuah kehidupan
  2. Kehidupan yang harmoni akan terjadi apabila masing-masing kompinen menjalankan fungsinya dengan baik, dan setiap komponen tidak dapat menggantikan komponen lainnya.
  3. Membantu kita memahami bagaimana kehidupan berkembang dan terus berkembang,

Biodiversity tidak merata, melainkan sangat bervariasi di seluruh dunia. Faktor-faktor yang memperngaruhinya adalah keragaman makhluk hidup (biota) yang tergantung pada suhu, curah hujan, ketinggian, geografi tanah, serta unsur-unsur kimiawi yang terlarut dalam komponten abiotic dan kehadiran spesies lainnya.

Berbagai manfaat yang diberikan oleh kehati menurut mendukung kehidupan manusia di bumi adalah sebagai berikut:

  1. Kebutuhan, sebagai sumber makanan dalam bidang pertanian, peternakan, ikan, dan makanan laut
  2. Kesehatan dan penelitian biomedia, terumbu karang adalah rumah bagi ribuan spesies yang dapat dikembangkan menjadi obat-obatan untuk menjaga Kesehatan manusia dan untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit.
  3. Keseimbangan hidup dan industry: tekstil, bahan bangunan, kosmetik, dll
  4. Esterika, peristiwa dan rekreasi: pantai, hutan, taman. Ekowisata
  5. Saldo bank semua bentuk kehidupan di bumi.

Indonesia adalah satu Negara Mega biodiversity dari 12 Negara Mega biodiversity yang mengandung sekitar 75% keanekaragaman hayati bumi, yakni Brazil, Kolombia, Ekuador, Peru, Meksiko, Republik Demofratik Kongo, Madagaskar, China, India, Australia, dan Malaysia. Oleh karena itu, Indonesia mempunyai tanggung jawab khusus untuk mengkonservasi dan pengelolaan keanekaragaman di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *