Belangkas: Hidangan Berkelas, Hampir Punah

Artikel
Belangkas: Hidangan Berkelas, Hampir Punah
Lain-lain
6670
14 Juni 2014
Penulis
Puti Cinintya Arie Safitri
7
posting

Pernahkah kalian ke Pantai Kubu?

Pantai Kubu terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Pantai Kubu merupakan salah satu daerah ekowisata yang menyajikan banyak makanan olahan laut (seafood), mulai dari ikan sampai kepiting.

Belangkas dan Olahannya

Untuk jenis kepiting, ada salah satu yang khas, yaitu kepiting purba (kepiting ladam) yang lebih dikenal dengan nama lokal Melayu ‘belangkas’. Mempunyai nama spesies Limulus polyphemus. Disebut sebagai kepiting purba karena belangkas konon hidup sejak 250 juta tahun lalu.

Wujud segar belangkas

 

Telur dan daging belangkas adalah sumber protein yang lezat. Sebelum dimasak, belangkas dicuci dulu hingga bersih agar bebas dari pasir dan kotoran lainnya. Belangkas dimasak dengan cara direbus, dibakar, dimasak asam manis, atau ditumis; belangkas biasanya disajikan bersama-sama sambal dadak khas pesisir.

 

Penyajian belangkas bakar (atas) dan belangkas asam manis (bawah)

 

Bagi Anda yang alergi seafood, sebaiknya berhati-hati, karena tidak semua bagian belangkas dapat dimakan, sebab ada bagian yang beracun. Proses pemasakan belangkas harus dilakukan oleh ahli.

 

Belangkas Hampir Punah

Kelezatan dari belangkas, nilai ekonominya yang tinggi dan wujudnya yang unik membuat perburuan belangkas semakin tidak terkendali. Tercatat hanya tersisa 4 spesies dari kelas Xiposura, keluarga belangkas ini.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *