Baluran, Surga di Ujung Timur Pulau Jawa

Artikel
Baluran, Surga di Ujung Timur Pulau Jawa
Lain-lain
1961
23 Juni 2014
Penulis
Sandy Leo
1
posting

Africa van Java” sebuah julukan yang menggambarkan dengan jelas bagaimana keadaan Taman Nasional Baluran saat ini. Kawasan yang didominasi oleh savanna ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang yang ingin menikmasi sensasi layaknya sedang berada di Afrika. Gunung Baluran yang berada persis di tengah kawasan menjadikan Baluran semakin menarik untuk dijelajahi karena berbagai keragaman ekosistem yang ada, mulai dari ekosistem pantai, bakau, savanna, evergreen, hutan pegunungan bawah, hingga hutan hujan tropis yang ada di puncak gunung. Ekosistem savanna yang meliputi hampir 40% kawasan Baluran tetap menjadi daya tarik utama dari taman nasional ini apalagi ketika dijelajahi saat senja di mana matahari sudah tidak terik menyengat serasa membakar kulit lagi.

Pemandangan Sunset dari Menara Pengamat  

Savanna yang sering dikunjungi adalah Savanna Bekol yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 selama 45 menit dari pintu masuk Taman Nasional. Di tengah savanna ini terdapat wisma yang diperuntukan bagi para wisatawan maupun peneliti yang sedang melakukan penelitian. Ada 1 hal yang menarik perhatian ketika sampai di savanna ini, yaitu kumpulan tengkorak Banteng Jawa yang tersusun rapi di depan Wisma Bekol.

Tengkorak Banteng Jawa yang dikumpulkan dari berbagai tempat di Baluran              

Bicara mengenai keanekaragaman hayati, Savanna Bekol ini tentu tidak kalah dengan ekosistem lainnya. Di Savanna Bekol ini terdapat banyak sekali satwa liar yang akan sangat disayangkan jika dilewatkan. Diantaranya macan tutul jawa (Panthera pardus), merak jawa (Pavo munticus), monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), hingga yang paling banyak populasinya rusa timor (Rusa timorensis), dan kerbau liar (Bubalus bubalis).

Kumpulan rusa timor yang sedang duduk santai menikmati senja Baluran

Rusa timor sedang terlihat waspada

Kawanan rusa timor bersama dengan kerbau liar 

Pemandangan Savanna Bekol yang eksotis menjadikan Taman Nasional Baluran sebagai salah satu destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Tidak perlu lagi jauh-jauh ke Afrika hanya untuk menikmati pemandangan savanna karena Indonesia juga punya savanna yang tidak kalah bagus jika dibandingkan, di mana lagi kalau bukan di Taman Nasional Baluran. Selamat liburan! Nikmati petualangan serunya dan kembali dengan segudang cerita yang pastinya bakal bikin ngiri orang lain.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *