Bagaimana Lebah Membuat Madu?

Bagaimana Lebah Membuat Madu?
23 Oktober 2019
1056

Sudah sejak berabad lalu madu dimanfaatkan manusia sebagai pemanis alami. Meski rasanya manis, madu kaya akan zat gizi sehingga sangat digemari. Rasa, aroma, dan tekstur madu sangat beragam tergantung dari jenis bunga yang dikonsumsi lebah. Perlu kerjasama satu koloni agar lebah bisa membuat madu. Lalu bagaimana prosesnya?

Nektar sebagai bahan dasar madu dikumpulkan lebah pekerja dari bunga di sekitar sarang. Nektar ditampung sementara dalam kantong nektar yang terdapat dalam perut. Enzim akan merubah pH dan struktur kimia nektar sehingga cocok untuk penyimpanan jangka panjang. Sampai sarang, nektar dioper lebah dari mulut ke mulut untuk mengurangi kadar air dari 70% menjadi 20%. Hilangnya air inilah yang merubah nektar menjadi madu.

Baca juga: Belajar Olah Madu Hutan dari Masyarakat Sumbawa

Sekarang madu siap disimpan dalam ruang penyimpanan khusus yang disegel dengan beeswax. Karena berupa lilin, beeswax mampu menjaga madu agar kedap udara untuk penyimpanan jangka panjang. Meskipun bisa disimpan dalam waktu lama, tetapi setiap hari lebah tetap membuat madu. Sebab satu koloni lebah bisa menghabiskan hingga 90 kg madu dalam setahun.

 

Referensi:
https://honeybee.org.au/education/wonderful-world-of-honey/how-bees-make-honey/
https://www.livescience.com/amp/37611-what-is-honey-honeybees.html
https://www.perfectbee.com/learn-about-bees/the-life-of-bees/bees-make-honey

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *