64 Spesies Kantung Semar Hidup di Indonesia

Artikel
64 Spesies Kantung Semar Hidup di Indonesia
Lain-lain
1977
9 November 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Tumbuhan Kantung Semar memiliki bentuk unik pada struktur tabung yang sebenarnya modifikasi dari daun. Kantung semar beradaptasi dengan memanfaatkan daun yang berbentuk tabung untuk menjebak serangga masuk ke dalamnya.

Keanekaragaman jenis kantung semar sangat tinggi, hingga saat ini sudah ada 139 spesies dikenali di seluruh dunia. Persebarannya banyak di daerah asia tenggara termasuk di Indonesia, hingga saat ini ada 64 spesies yang terdaftar tumbuh di wilayah Indonesia.


Nepenthes aristolochioides. (Arkive)

 

Tanaman karnivor yang eksotik ini hidup di daerah dataran rendah, sedang, hingga tinggi. Namun jika ingin melihat langsung anda bisa datang ke Kebun Raya Cibodas. Di sana terdapat tempat konservasi kantong semar yang memiliki puluhan spesies endemik dan hibrida. Bahkan di sana anda bisa menemui spesies kantong semar yang sudah terancam punah.

Spesies yang masuk daftar merah Asosiasi Internasional Konservasi Alam (IUCN) juga dapat ditemui di Kebun Raya Cibodas. Seperti Nephentes villosa dan N. lowii spesies vulnerable dari pulau Borneo, N. aristolochiodes dan N. dubia spesies kantung semar endemik sumatera yang sudah kritis dan terancam kepunahan.

 

Referensi

[TempoIUCNArkive, wikipedia]

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *