Melalui Karya Foto dan Dongeng, Esti kenalkan Kekayaan Keanekaragaman Hayati Indonesia

Melalui Karya Foto dan Dongeng, Esti kenalkan Kekayaan Keanekaragaman Hayati Indonesia
216
4 Desember 2021
Jabodetabek

Bagi saya, memotret dan menulis adalah suatu hal yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Manfaat dari keduanya dapat bersifat abadi bagi siapa pun yang membaca dan juga melihatnya, walaupun waktu terus berlalu. Jatuh cinta pada fotografi khususnya mengabadikan keanekaragaman hayati, dirasakan sejak tahun pertama kuliah di jurusan Biologi Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan yang lebih banyak dilakukan di alam, membuat kesadaran untuk menjaga keanekaragaman hayati ini semakin kuat.

 

Salah satu hal penting untuk memiliki kesadaran menjaga ialah dengan mengenal terlebih dahulu, fotografi adalah salah satu caranya. Selain bertujuan memberikan informasi mengenai keanekaragaman hayati, sering pula saya melakukan ajakan untuk menjaganya agak tidak rusak apalagi punah. Ajakan ini ditujukan bagi setiap orang yang melihat, harapannya semoga kesadaran untuk menjaga itu akan tumbuh. Terlebih lagi, sudah banyak kompetisi fotografi yang mengangkat tema alam dan juga keanekaragaman hayati. Hal ini menjadi peluang selain memacu jiwa kompetitif, namun juga menjadi ajang menyampaikan ajakan, slogan, dan salam menjaga keanekaragaman hayati.

 

Juara 3 Lomba Fotografi KOMUNI                                     

 

Hal lain yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran untuk menjaga ialah dengan menulis. Melalui tulisan, diharapkan kita mampu mengirimkan baik pesan tersirat maupun tersurat yang hendak kita sampaikan. Menulis buku dongeng misalnya, cerita sederhana yang sarat akan pembelajaran adalah usaha untuk menyampaikan pesan pada anak. Buku adalah jembatan ilmu, dan tulisan di dalamnya ibarat anak tangga yang akan membawa pembaca pada sumber pengatahuan.

 

Buku Dongeng Mengenal Fakta Sains untuk Anak

 

Capaian:

 

  1. Juara 3 Lomba Fotografi “Rindu Alam Liar”, KOMUNI : Konservasi Melalui Seni – 2020 yang diselenggarakan oleh KSHL COMATA Universitas Indonesia
  2. Juara 1 Birdlife Photography - 2020, KPB Nycticorax Universitas Negeri Jakarta
  3. Menulis dongeng mengenai burung rangkong dalam Buku Antologi Dongeng Sains untuk Anak - 2020, dengan judul “Mengenal Fakta Sains untuk Anak. Fakta Seru Tentang Tubuh, Binatang, Tumbuhan, dan Alam”
  4. Kontributor Foto Burung dalam Buku “PROFIL KEANEKARAGAMAN HAYATI KOTA TANGERANG SELATAN”, Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Dinas Lingkungan Hidup.
  5. Kontributor Fotografi Serangga dalam Kalender Tahun 2019 yang dikeluarkan Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI)

Buku Profil KEHATI Kota Tangsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *