Jatake / Gandaria

Flora
Jatake / Gandaria
4 Juli 2016
6820

Gandaria yang memiliki nama latin Bouea macrophylla atau nama lokal lainnya jatake adalah tanaman yang berasal dari wilayah asia tenggara. Di Indonesia, gandaria memiliki persebaran di Sumatera, Jawa, Maluku, Kalimatan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Papua.

KLASIFIKASI! Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; kelas: Magnoliopsida; Ordo: Sapindales; Famili: Anacardiaceae; Genus: Bouea; Spesies: Bouea macrophylla

Tumbuhan ini tumbuh di hutan - hutan, atau ditanam di desa - desa sebagai tanaman buah. Gandaria juga tumbuh dengan baik dari ketinggian 0 - 800 mdpl. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis. Pohon gandaria tumbuh sedang, namun tinggi, tingginya dapat mencapai 25 m, tajuknya rapat, dahannya berbentuk lebar memanjang, dengan ujung yang tumpul, perbungaannya malai, bunganya menyerupai bunga mangga yang berwarna kuning, dan muncul di ketiak daun. Buah gandaria ini juga menyerupai mangga bulat yang kecil. Buah gandaria berbentuk agak bulat dengan diameter antara 2,5 - 5 cm. Buah gandaria yang masih muda berwarna hijau. Ketika mulai tua dan matang buah berwarna kuning hingga jingga. Buah gandaria memiliki daging buah yang mengeluarkan cairan kental. Buah ini memiliki bau khas yang menyengat dan memiliki rasa agak asam hingga manis.

Flora yang satu ini juga memiliki banyak manfaat seperti mulai dari buah, daun, hingga batangnya. Buah gandaria yang masih muda sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang matang dapat dimakan langsung. Daun gandaria sering digunakan sebagai lalap. Sedangkan batang gandaria dapat dimanfaatkan sebagai papan dan bahan bangunan.

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan