Vaksin Ebola Mulai Diujicoba Bulan Desember

Vaksin Ebola Mulai Diujicoba Bulan Desember
25 October 2014
2266

Vaksin Ebola akan mulai diujicobakan di Afrika Barat pada bulan Desember 2014, sebulan lebih awal dari perkiraan. Lalu dipertengahan tahun 2015 ribuan dosis vaksin akan tersedia untuk digunakan, menurut Badan Kesehatan PBB (WHO) pada Jumat 24 Oktober.

 “Kita sedang berbicara tentang memulai (uji coba vaksin) pada bulan Desember bukan Januari. Hal ini telah menunjukan semuanya sangat mendorong kemajuan dan upaya besar dari dilakukan semua pihak” Tutur Marie-Paule Kieny seorang pejabat senior WHO saat setelah pertemuan di Geneva.

Evakuasi korban tewas karena virus ebola. (BBC)

Dua kandidat vaksin terkemuka dari GlaxoSmithKline dan NewLink Genetics sudah dalam uji klinis kepada manusia, dan lima vaksin eksperimental akan memulai percobaan klinis pada kuartal pertama tahun depan. Salah satu vaksin dari Johnson & Johnson akan mulai uji coba pada bulan Januari.

Vaksin sedang dikembangkan dan dipersiapkan dalam waktu singkat oleh produsen obat yang bekerja dibawah peraturan, WHO mengatakan. Tapi pertanyaan tentang keamanan dan kemanjuran vaksin tersebut hanya dapat diselesaikan oleh uji klinis penuh.

Menurut WHO Setidaknya 4.877 orang tewas tercatat dalam sejarah terburuk wabah Ebola di dunia, dan setidaknya 9.936 kasus penyakit telah dicatat hingga 19 Oktober,  tetapi jumlah korban tersebut mungkin sebenarnya tiga kali lebih banyak.

 

[REUTERS BBC]

About Author
Admin BW
Biodiversity Warriors

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related
Article
No items found
2020-07-30
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *