Ular Genteng/Ular Cicak

Artikel
Ular Genteng/Ular Cicak
Satwa
7073
27 Juni 2015
Penulis
Agus Sumardika
111
posting

Ular genteng/ular cicak (Lycodon Capucinus) merupakan ular kecil yang masih masuk dalam family Colubridae. Ular genteng lebih suka hidup di daerah yang berumput pendek. Warna tubuh coklat muda, dengan kuning putih atau pucat. Kepala coklat, dan ada sebuah corak kuning pucat khas di leher. Di daerah bibir berwarna kuning pucat dan perut putih. Taringnya cukup panjang untuk ukuran tubuhnya yang hanya sekitar 70 cm (jantan dewasa) atau 55 cm (betina dewasa).

Gambar. Ular genteng/ular cicak (Lycodon Capucinus) (http://catatansekigawa.blogspot.com)

Mangsa ular ini sebagian besar adalah cicak, kadal & katak.  Tapi ular genteng juga tidak menolak mangsa tikus kecil. Penyebaran ular ini mulai dari Asia hingga Australia.  Ular genteng ini bersifat terrestrial dan lebih banayk menghabiskan waktunya di atas tanah. Tapi ular genteng sangat pandai memanjat pepohonan, tebing tebing, dinding berbatu hingga ke atap rumah. Ular genteng termasuk hewan nocturnal, karena saat siang, ular genteng lebih memilih untuk tidur bergulung di tempat persembunyiannya yang biasanya di bawah tumpukan kayu, di sudut atap rumah atau di celah celah tebing. Ular ini tidak berbahaya, tetapi jika diprovokasi mungkin akan tetap digigit oleh mulut kecilnya.

Klasifikasi ilmiah

Kingdonm: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Reptilia

Ordo: Squamata

Famili: Colubridae

Genus: Lycodon

Spesies: Lycodon capucinus  

 

Source : http://catatansekigawa.blogspot.com/2013/10/ssstt-coba-cek-atap-rumahmu-adakah-ular.html

http://www.networkedblogs.com/blog/reptil_endemik_indonesia

http://www.majalahreptil.com/index.php?option=com_content&view=article&id=316:ular-genteng&catid=81:profil-reptil&Itemid=458

 

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *