Si pipih Cynoglossus lingua (Ikan lidah) yang unik

Kelautan
Si pipih Cynoglossus lingua (Ikan lidah) yang unik
9 Mei 2016
11950

Ikan lidah (Cynoglossus lingua)  memiliki tutup insang, sisik, gurat sisi, sirip punggung, sirip perut, sirip ekor, dan sirip anus. Tetapi ikan lidah tidak memiliki sungut, sirip dada, finlet, keel, scute, korselet, duri mata pisau dan duri pelindung. Ikan lidah memiliki bentuk tubuh nonbilateral simetris dan pipih mendatar, mata hanya berada pada satu sisi, tipe mulut inferior dengan lubang hidung monorhinous, dan kepala tumpul bersisik.

Ikan lidah memiliki tutup insang, sisik, gurat sisi, sirip punggung, sirip perut, sirip ekor, dan sirip anus. Tetapi ikan lidah tidak memiliki sungut, sirip dada, finlet, keel, scute, korselet, duri mata pisau dan duri pelindung.

Kingdom : animalia

Fillum: Chordata

Sub Fillum : vertebrata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Pleuronectiformes

Family : Cynoglossidae

Genus : Cynoglossus s

Spesies : Cynoglossus lingua

Tubuh ikan lidah nonbilateral simetris. Hal ini sesuai dengan literature bahwa ada beberapa jenis ikan yang mempunyai bentuk non-simetris bilateral, yang mana jika tubuh ikan tersebut dibelah secara melintang (cross section) maka terdapat perbedaan antara sisi kanan dan sisi kiri tubuh, misalnya ada ikan langkau (Psettodes erumei ) dan ikan lidah (Cynoglossus bilineatus).

Ikan lidah tidak mempunyai sirip dada, dan memiliki tipe mulut yang inferior. mata ikan lidah terletak pada satu sisi dari badan sebelah kiri. Badan berwarna merah kecoklatan pada sisi yang bermata. Sirip ekor bersambung dengan sirip dubur dan sirip punggung. Ikan lidah tidak mempunyai sirip dada sedangkan sirip dubur berhubungan dengan sirip perut.

Ikan Lidah adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Ikan Lidah mengandung energi sebesar 104 kilokalori, protein 15,6 gram, karbohidrat 2 gram, lemak 3,2 gram, kalsium 30 miligram, fosfor 143 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain itu di dalam Ikan Lidah juga terkandung vitamin A sebanyak 110 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Lidah, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 48 %.

Sumber :

Jeffri. 2010. Morfologi Ikan, Universitas Sriwijaya, Palembang.

Tentang Penulis
MOHAMAD JAKARIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *