Sempidan kalimantan

Satwa
Sempidan kalimantan
12 Juli 2016
2538

Sempidan kalimantan (Lophura bulweri) atau dikenal juga dengan nama Beleang Bulwor adalah burung dari Asia Tenggara yang berasal dari keluarga Phasianidae dan endemik hutan rimba pulau Kalimantan yang jarang terjamah manusia. Di masa lalu, burung ini tersebar luas dan sangat umum dijumpai di pedalaman hutan primer Kalimantan yang tak terganggu. Namun populasinya kini terus menurun dan terpencar-pencar akibat penebangan hutan yang tak terkendali.

Burung ini memiliki perbedaan ciri kelamin (dimorfisme seksual) yang sangat kontras. Jantan memiliki panjang lebih kurang sampai 80 cm dengan tubuh berbulu hitam. Ekor panjang melengkung berwarna putih menyolok. Sedangkan betina berukuran 55 cm berwarna coklat gelap. Jantan dan betina memiliki kulit muka berwarna biru. Kaki berwarna merah. Sempidan Kalimantan menyukai hutan pegunungan bawah dan hutan perbukitan dengan ketinggian di atas 300 mdpl.  Saat ini, satwa  ini hanya dapat ditemukan jauh di hutan pedalaman pada kawasan perbukitan dan pegunungan yang dilindungi seperti di Pegunungan Meratus, Taman Nasional Kayan Mentarang, hutan di Sabah, Sarawak dan Brunei. Sempidan Kalimantan merupakan Sempidan terbesar dan paling langka di Indonesia.

STATUS KONSERVASI! Burung Sempidan Kalimantan ini masuk dalam kategori “rentan” terhadap kepunahan dalam daftar IUCN Redlist karena populasi menurun drastis. Alasan utama penurunan ini adalah kehilangan habitat fragmentasi akibat kebakaran, penebangan hutan komersial, dan perburuan lokal juga dianggap merusak populasi dari satwa endemik Kalimantan ini.

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *