Rangkong Badak Kalimantan

Satwa
Rangkong Badak Kalimantan
12 Juli 2016
3538

Sahabat Warriors! Sahabat pasti tahu burung rangkong bukan? Burung rangkong dikenal juga sebagai julang, enggang, dan kangkareng atau dalam bahasa Inggris disebut Horbbill. Yang membedakan burung rangkong atau enggang dengan burung jenis lainnya adalah jenis burung ini mempunyai ciri khas pada paruhnya yang mempunyai bentuk menyerupai tanduk sapi. Salah satu jenis rangkong yang akan penulis deskripsikan dalam tulisan ini adalah Rangkong Badak yang berasal dari Kalimantan.

KLASIFIKASI! Kingdom: Animalia; Filum: Chordata; Ordo: Coraciiformes; Famili: Bucerotidae; Genus: Buceros; Spesies: Buceros rhinoceros

Burung rangkong badak / Buceros rhinoceros memiliki ukuran tubuh yang besar. Burung ini adalah salah satu jenis terbesar dari burung rangkong dan juga merupakan salah satu spesies burung rangkong terbesar di Asia. Burung ini hidup juga di hutan Sumatera dan Jawa. Burung rangkong badak ini banyak menghabiskan waktunya di bagian atas tajuk hutan dengan memakan buah - buahan, serangga, reptil kecil, hewan pengerat, dan burung - burung kecil. Rangkong badak mempunyai perilaku yang unik yaitu betina bersarang dalam lubang pohon yang kemudian ditutup dengan lumpur. Selama burung betina tinggal di dalam lubang tersebut ia diberi makan oleh burung jantan.   

Namun, burung ini mulai kehilangan tempat tinggal akibat eksploitasi hutan dan makanannya yang berkurang / hilang akibat dari aktivitas eksploitasi hutan tersebut. Menurut IUCN Redlist, rangkong badak termasuk spesies yang hampir mengalami kelangkaan. CITES juga mengklasifikasikan satwa ini dalam Appendix II, yaitu sebagai spesies yang dilarang untuk perdagangan komersial internasional karena hampir mengalami kelangkaan, kecuali jika perdagangan tersebut tunduk pada peraturan ketat, sehingga pemanfaatan yang tidak sesuai dapat dihindari.

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *