Mitral Valve Prolapse, Kelainan pada Katup Jantung

Article
Mitral Valve Prolapse, Kelainan pada Katup Jantung
Other
2392
7 January 2015
Author
Nadia Putri Rachma
127
posting

Deskripsi 

Mitral valve prolapse (MVP) terjadi ketika katup antara ruang sebelah kiri atas (atrium kiri) jantung dan ruang kiri bawah (ventrikel kiri) tidak menutup dengan benar. Katup mitral tersebut akan menonjol (prolapses) ke atas atau kembali ke atrium.

Masalah pada katup mitral tersebut kadang-kadang menyebabkan darah bocor ke dalam atrium kiri, suatu kondisi yang disebut regurgitasi katup mitral. Pada kebanyakan orang, MVP tidak mengancam nyawa dan tidak memerlukan pengobatan atau perubahan gaya hidup. Akan tetapi, beberapa orang dengan MVP tetap memerlukan pengobatan.

Penyebab 

Mitral valve prolapse merupakan kelainan jantung sejak lahir dan akan bertahan seumur hidup, banyak orang dengan kondisi ini tidak pernah memiliki gejala. Ketika didiagnosa, orang mungkin terkejut mengetahui bahwa dirinya memiliki masalah jantung.

Gejala

Ketika tanda-tanda dan gejala memang terjadi, hal tersebut biasanya disebabkan karena kebocoran darah bocor ke belakang melalui katup (regurgitasi). Gejala MVP dapat sangat bervariasi dari satu orang ke orang lain, yang cenderung ringan dan berkembang secara bertahap, yaitu:

1. Jantung berdetak cepat dan tak beraturan (aritmia)
2. Pusing
3. Kesulitan bernapas atau sesak napas, seringkali ketika berbaring datar atau selama aktivitas fisik
4. Kelelahan
5. Nyeri dada yang tidak disebabkan oleh serangan jantung atau penyakit arteri koroner

Pengobatan 

Kebanyakan orang dengan MVP, khususnya orang-orang tanpa gejala, tidak memerlukan pengobatan. Namun, jika Anda memiliki gejala-gejala, dokter dapat merekomendasikan obat atau operasi, tergantung pada tingkat keparahan kondisi.

1. Obat-obatan
Beberapa obat yang mungkin diresepkan termasuk Beta blockers, Aspirin, dan Antikoagulan (pengencer darah).

2. Operasi
Meskipun kebanyakan orang dengan MVP tidak memerlukan pembedahan, dokter mungkin menyarankan pengobatan bedah jika gejala semakin parah. MVP yang parah pada akhirnya bisa menyebabkan gagal jantung dan tidak lagi efektif memompa darah.

Sumber: MayoClinic dan http://health.detik.com/readpenyakit/1179/mitral-valve-prolapse?mode_op=pengobatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *