Jabon

Artikel
Jabon
Flora
1045
15 April 2015
Universitas Sumatera Utara
Penulis
David Pasaribu
171
posting

Jabon merupakan tanaman yang tumbuh cepat (fast growing species) yaitu 5 – 10 tahun dengan lingkar batang bisa mencapai > 40 cm, batang bebas cabang sampai 60%. Jabon merupakan salah satu jenis pohon gugur daun (deciduos). Tinggi jabon dapat mencapai 40 – 45 meter dengan tinggi bebas cabang (TBS) 30 meter dan diameter batang setinggi dada (DBH) 100 – 160 cm. secara fisik, batang jabon relative ramping, lurus, kadang-kadang berbanir kecil dengan setinggi 50 – 150 cm yang menyebar keluar sekitar 60 cm dari pangkal batang.
Pada jabon muda, kulit batang berwarna kuning kecoklatan sampai cokelat dan bertekstur halus. Makin tua umurnya, tekstur kulit batangnya menjadi pecah-pecah dan mengelupas. Cabang dan rantingnya menyebar secara horizontal. Tajuk pohon berbentuk paying dan relative kecil.

sumber gambar : rajabenih.com

Jabon berbuah setahun sekali pada saat musim berbunga, yakni pada Bulan Januari hingga Juni dan akan matang pada Bulan Maret – Juni. Jumlah bunga majemuk 33 buah per kilogram. Buah jabon berbentuk bulat dengan ukuran 4,5 – 6 cm dan memiliki ruang-ruang biji yang sangat banyak. Buah jabon seperti buah majemuk layaknya buah nangka yang berukuran kecil  dengan bagian tengah padat dikelilingi oleh ruang-ruang biji. Setiap ruang biji tersebut berisi kumpulan biji. Biji jabon mengandung biji yang ukurannya sangat kecil (18 – 26 juta butir/kg). biji yang telah dikeringkan dapat bertahan selama satu tahun.

Kayunya mudah dikeringkan, mudah dipaku dan di lem, susutnya rendah. Sangat mungkin dimanfaatkan oleh Industri Furniture, Plywood / Kayu Lapis, Batang Korek Api, Alas Sepatu, Papan, Peti, bahan kertas Kelas Sedang.

Pohon Jabon usia 6 tahun sudah dapat di panen.

 

Salam rimba.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *