Ikan Raja Laut

Kelautan
Ikan Raja Laut
15 Februari 2016
2234

Ikan Raja Laut (ikan coelacanth) tergolong ke dalam ordo Coelacanthiformes. Berdasarkan fosilnya, pertama kali muncul di bumi pada zaman Devonian (sekitar 400 juta tahun lalu). Hingga kini, bentuknya tidak berubah alias tidak berevolusi! Hidup di bumi sejak era Devonian sekitar 380 juta tahun silam dan tidak berevolusi. Ini lebih tua dari dinosaurus (200 juta tahun silam).

Jenis ikan ini hanya ada dua di dunia, yaitu Latimeria chalumnae asal Kepulauan Komoro, Afrika dan Latimeria menadoensis asal Manado, Sulawesi. Perbedaan antara keduanya adalah Latimeria chalumnae berwarna kebiru-biruan dengan noda putih yang tidak beraturan pada sisiknya, sedangkan Latimeria menadoensis berwarna kecokelat-cokelatan dengan noda putih yang tidak beraturan pada sisiknya.

sumber: http://img14.deviantart.net

Latimeria menadoensis (http://animaldiversity.org/)

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ikan ini termasuk ikan karnivora yang memangsa ikan-ikan kecil pada malam hari. 

Ikan ini sangat dilindungi oleh negara dan dunia internasional. Negara melindungi ikan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa sedangkan dunia internasional memasukan ikan ini dalam daftar merah IUCN dalam kategori rentan (vulnerable).

Sumber : dari berbagai sumber

Tentang Penulis
tri rahmaeti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-14
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *