Ikan Mas

Artikel
Ikan Mas
Satwa
1410
23 Juni 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

IKAN MAS (Cyorinus carpio,L.)

Indonesia memiliki garis pantai yang luas dan terpanjang di dunia. Tentu sahabat Warrior pasti tahu bahwa itu menjadi bukti nyata Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, terjhusus pada sektor kelautan. Dimana ekosistem laut memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang kaya.

Salahsatu diantaranya adalah jenis PISCES, yakni ikan.
dalam hal ini saya akan membahas tentang Ikan mas.

Sahabat Warrior tahu tidak, MEngapa disebut sebagai IKAN MAS?

Ya, barangkali yang terlintas dipikiran kita adalah warna tubuh ikan itu sendiri, yaitu berwarna kuning yang kontras, yang menyerupai warna mas. sehingga disebut sebagai ikan mas.

Ikan Mas masuk pada spesies Ikan Tawar dan masuk pada famili Cyprinidae. Ikan Mas memiliki banyak nama lokal diantaranya tikeu,kancra,tombro.

Ikan Mas dimanfaaatkan untuk jenis masakan yang sangat cocok ddan banyak sekali dikombinasikan dengan berbagai masakan yang ada. Selain memiliki cita rasa yang tinggi, Ikan ini juga sering dibudidayakan.

Ikan MAS Hidup di perairan sungai,kolam, danau maupun genangan air. Ikan mas cocoh hisup pada daerah perairan dengan ketingginan 150-600 M dpl dengan estimasi suhu 20 sampai 30 derajat Celsius.

Ikan Mas bisa digolongkan sebagai omnivora atau jenis pemakan segalanya, sebab apabila kita membudidayakan ikan ini, kita bisa memberi makan berupa lumut,daun-daunan, serangga, pakan ternak,d.s.b.

Keberadaan Ikan Mas ini masih cukup aman dan terkendali di Indonesia, Apalagi di Sumatera Utara dan pulau Jawa. Sebab Ikan ini masih mampu beradaptasi terhadap habitus aslinya, sehingga masih cukup kebal terhadap gangguan perubahan iklim.

 

sumber gambar : Own Photos (Abednego Togatorop)

keterangan gambar : diambil di kolam budidaya ikan mas.

Namun demikian, beberapa jenis ikan mas yang jarang kita jumpai sudah mulai hilang keberadaannya, seperti ikan mas kemerahan.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *