Dari Terancam Punah, Status Konservasi Orangutan Kalimantan naik jadi Kritis

Dari Terancam Punah, Status Konservasi Orangutan Kalimantan naik jadi Kritis
21 Juli 2016
1829

Status konservasi Orangutan Kalimantan berganti dari Terancam Punah (Endangered) naik ke Kritis (Critically Endangered). International Union for Conservation Nature (IUCN) telah memasukan primata dengan nama ilmiah Pongo pygmeaus itu ke dalam daftar terancam punah.

Keputusan meningkatkan status konservasi Orangutan Kalimantan diambil berdasarkan populasinya yan gterus menurun dan maraknya perburuan di Indonesia dan Malaysia. Ancaman lainnya juga semakin terdegradasinya habitat alami mereka.

Kebakaran hutan yang melanda Kalimantan beberapa tahun silam juga menjadi ancaman serius bagi Orangutan Kalimantan. Menyempitnya habitat alami tentu masalah bagi Orangutan Kalimantan, karena mereka butuh wilayah teritori yang luas. Seekor Orangutan Kalimantan Jantan membutuhkan wilayah teritori hingga beberapa ratus hektar. Hingga banyak dari Orangutan Kalimantan yang hidup di luar kawasan yang dilindungi lalu menyebabkan konflik dengan kepentingan manusia.

Penurunan populasinya sejak 1950 sampai 2010 terhitung lebih dari 60%. dan diprediksi akan menurun 22% lagi hingga tahun 2025.  Perubahan status konservasi ini adalah salah satu upaya untuk melindungi Orangutan Kalimantan dari kepunahan, termasuk tiga sub-spesies, yakni Pongo pygmeaus pygmeaus, Pongo pygmeaus morio, dan Pongo pygmeaus wurmbii yang tersebar di penjuru Pulau Kalimantan.

Sumber:

http://www.iucnredlist.org/details/17975/0

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/07/status-konservasi-orangutan-borneo-naik-dari-endangered-menjadi-critically-endangered

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *