Danau Kakaban, Danau Ubur-ubur Terbesar dan Paling Beragam di Dunia.

Article
Danau Kakaban, Danau Ubur-ubur Terbesar dan Paling Beragam di Dunia.
Other
2758
27 September 2014
Biodiversity Warriors
Author
Admin BW
932
posting

Pulau Kakaban adalah pulau yang memiliki keunikan dari sudut pandang geologis dan biologis. Pulau ini berbentuk seperti angka “9”, angka “9” ini merupakan gugusan atol di atas permukaan laut yang terbentuk jutaan tahun lalu. Proses geologis menaiknya atol ke permukaan laut membuat air laut terpreangkap hingga membentuk danau air laut (laguna). Danau dengan luas sekitar 2,6 x 1,5 kilometer ini diberi nama Danau Kakaban, yang memiliki arti memeluk dalam bahasa Suku Bajo.

Ular laut dan ubur-ubur terbalik yang berada di dalam perairan danau Kakaban.
(foto: http://www.indonesia.travel)

Danau Kakaban memiliki ekosistem yang unik, hal tersebut disebabkan oleh hasil evolusi dan melibatkan proses kimia, fisika, dan biologi yang rumit dan panjang selama ribuan tahun. Kakaban menjadi rumah bagi jutaan ubur-ubur yang kehilangan kemampuan menyengat, algae yang menjadi karpet di dasar danau, anemon yang berwarna putih dan memangsa ubur-ubur, ikan-ikan, dan biota endemik lainnya. Ada empat jenis ubur-ubur tak menyengat di Danau Kakaban: ubur-ubur bulan (Aurelia aurita) (5-50 cm), ubur ubur totol (Mastigias papua) (1-20 cm), ubur-ubur kotak seukuran ujung jari telunjuk, Tripedalia cystophora (7-10 mm), dan ubur-ubur terbalik Cassiopea ornata (15-20 cm).

Tercatat hanya ada dua danau air payau yang memiliki ubur-ubur di dunia, pertama Danau Kakaban di Kepulauan Derawan dan kedua Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik. Keberadaan 4 spesies ubur-ubur menjadikan Pulau Kakaban dinominasikan sebagai kawasan situs warisan dunia (world heritage) oleh UNESCO yang patut dilindungi. Kabarnya, Jellyfish Lake di Palau hanya memiliki dua jenis spesies ubur-ubur serupa. Maka tak berlebihan jika menyebut Danau Kakaban sebagai danau ubur-ubur terbesar dan paling kaya keragamannya di dunia.

 

Referensi:

http://www.indonesia.travel/id/destination/816/pulau-kakaban

http://www.lesargonauts.com/sites/default/files/images/kakaban-jellyfish-lake-04.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *